18:00 . Kopdar Komunitas di Jatirogo Dibubarkan Polisi dengan Alasan Prokes   |   16:00 . Menikmati Kelapa Muda Sambil Liburan di Pantai Tuban   |   14:00 . Saat Ini Okupansi Hotel di Tuban Turun Dibawah 10 Persen   |   11:00 . Masa Tunggu Haji di Tuban Capai 31 sampai 32 Tahun   |   09:00 . Satgas Waspadai Mutasi Corona dari Pekerja Migran   |   07:00 . Tips Memperbaiki Kesehatan Keuangan Pasca Lebaran   |   16:00 . ASN dalam Menyikapi Larangan Mudik di Masa Pandemi Covid-19   |   15:00 . Kapolres dan Dandim Tuban Pastikan Penerapan Prokes di Lokasi Wisata   |   12:00 . Unik, Tiang Masjid Setinggi 27 Meter Berdiri Tanpa Alat Berat   |   09:00 . Penyekatan Arus Balik Dimulai, Puluhan Kendaraan Diputarbalikkan   |   08:00 . Pesan Hoax Ledakan Corona Menyebar hingga Tingkat RT   |   07:00 . Menjaga Kesehatan di Hari Idul Fitri di Masa Pandemi Covid-19   |   14:00 . Tak Segera Diperbaiki, Jembatan Glendeng Kini Malah Ditutup Total   |   13:00 . Dampak Penyekatan di Tuban, Kasus Harian Corona di Bawah 15   |   12:00 . Walah..!!! Gegara Ini Akses Jembatan Darurat Glendeng Ditutup   |  
Sun, 16 May 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Konferwil 2 AMSI Jatim

Dua Bupati Puji Peran Media untuk Tingkatkan Partisipasi Publik

bloktuban.com | Saturday, 24 October 2020 21:00

Dua Bupati Puji Peran Media untuk Tingkatkan Partisipasi Publik

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dan Trenggalek, Jawa Timur, memanfaatkan media dalam jaringan, seperti media massa siber dan media sosial untuk meningkatkan partisipasi publik, dan tak hanya mendongkrak citra daerah.

"Banyuwangi dulu selalu menjadi bagian dari 15 kabupaten penyuplai kemiskinan tertinggi di Jawa Timur. Alhamdulillah, dengan langkah-langkah kolaborasi kami dengan media siber, dengan stakeholder di Banyuwangi, angka kemiskinan kami turun dari 20,4 persen menjadi 7,5 persen," kata Bupati Abdullah Azwar Anas, dalam webinar yang menjadi rangkaian pembukaan Konferensi Wilayah II Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jawa Timur, di Kota Batu, Jawa Timur, Sabtu (24/10/2020).

Anas bekerjasama dengan media siber agar kebijakannya bisa diterima publik. Media digital juga menghubungkan homestay yang menjadi bisnis masyarakat di sektor pariwisata dengan konsumen yang mengangkat perekonomian. "Pendapatan income per kapita Banyuwangi sekarang melonjak dari Rp 14 juta per orang per tahun menjadi Rp 51,8 juta per orang per tahun," katanya.

Pemkab Banyuwangi tak memiliki banyak uang untuk beriklan. Media sosial dalam jaringan yang kemudian membantu, karena ada testimoni dari warga yang datang ke Banyuwangi. "Banyuwangi tidak mengiklankan destinasi. Kalau hanya destinasi yang indah, kami akan terbatas. Kami mendorong wisata inovasi yang mendorong pertumbuhan orang datang ke Banyuwangi," kata Anas.

Sementara itu, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin yang juga menjadi narasumber webinar mengatakan, pemerintah dan media massa harus menyesuaikan diri dengan kemauan konsumen. "Kita ingin inovasi pelayanan ditingkatkan," katanya.

Media massa profesional memiliki peran penting untuk mendorong kepercayaan publik terhadap pemerintah daerag. "Tren media ini dalam demokrasi bukan sekadar bagaimana menjadi kontrol sosial, tapi perekat sosial. Saya juga merasakan bahwa ketika kita sering muncul di media dengan satu achievement, trust masyarakat jadi tumbuh, karena media memastikan transparansi, keterbukaan informasi, sehingga satu engagement, satu kekuatan," kata Arifin.

Arifin berharap AMSI bisa berkolaborasi dengan Pemkab Trenggalek. "Ketika pemkab mengembangkan sesuatu, teman-teman media ini kan tahu mana angle berita yang bagus, narasi yang tepat, dan saya berharap media bisa punya beberapa terobosan dalam memberitakan," katanya.

Arifin berharap kelak muncul TikTok journalism atau jurnalisme berbasis platform TikTok, sehingga lebih dekat dengan publik. "Itu menurut saya akan semakin terasa dekat bagi market, karena market kita ini kan diisi woman, youth, dan netizen. Semua well connected dengan internet. Kita bangun pagi pegang HP, mau tidur bangun HP. Platform-platform yang populer di masyarakat hendaknya dimasuki media, sehingga terasa dekat," katanya. [mu]

Tag : amsi jawa timur, amsi jatim, media siber, konferwil

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Monday, 05 April 2021 13:00

    Mahasiswa Unirow Tuban Belajar di Kantor blokTuban.com

    Mahasiswa Unirow Tuban Belajar di Kantor blokTuban.com Sekitar 25 mahasiswa-mahasiswi dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban berkunjung di kantor redaksi blokTuban.com Jalan Sunan Muria No. 28 Kelurahan Latsari,...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more