KP-ICB MoU Ternak Domba Bareng Bumdesma Lestari

 

 

 

Reporter : M. Anang Febri

blokTuban.com - Saat ini peternakan domba rupanya dinilai memiliki prospek bagus bagi pelaku usaha. Bahkan, banyak peternak membidik peluang peternakan ekspor luar negeri.

Hal itulah yang menjadi satu dari sejumlah gagasan Koperasi Peternak Indonesia Cita Berdikari (KP-ICB) untuk bekerjasama dengan Bumdesma Lestari Soko.

Ketua Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Soko, Hasyim menjelaskan, sudah banyak unit usaha yang diusulkan oleh para Kepala Desa (Kades) untuk bermitra. Namun, setelah melakukan sejumlah koordinasi dan melihat bagaimana saja bentuk kemitraan, maka dimantapkanlah untuk melangsungkan MoU dengan KP-ICB.

Berkenaan dengan kemitraan di wilayah Kecamatan Soko yang dipelopori oleh Bumdesma Lestarai, intinya langkah tersebut dijadikan sebagai corong warga masyarakat untuk mengembangkan usaha maupun bermitra.

"Harapannya, kemitraan ini bisa terus dibangun, bisa amanah, dan jadi semakin besar. Peserta bisa mengikuti kegiatan mulai dari awal hingga akhir untuk hasil yang optimal," ujar Hasyim saat sosialisasi bimbingan teknis dan penandatanganan MoU Peternak Domba Berbasis Masyarakat, di ruangan UPK Lestari Soko, Kamis (1/10/2020).

Sementara itu, Direktur KP-ICB Muhammad Harun Al-Rasyid, S.IP menekankan bahwa bentuk kerjasama ini juga untuk meningkatkan profesionalitas peternak lokal.

"Melalui eksportasi dan industrialisasi peternakan domba berbasis pemberdayaan masyarakat, peternak yang tak punya market pun nantinya bisa membuka peluang ekpsor ke Abu Dhabi, Malaysia, dan wilayah Asia Tenggara lainnya," kata Harun mengawali pembukaan.

Ditemui secara terpisah, Ketua Bumdesma Lestari Soko membuka lebar jalannya kerjasama kemitraan ternak domba ini. Melalui Bumdesma Lestari, peternak yang ingin melibatkan diri baik secara individu maupun kelompok bisa dilayani dengan maksimal.

"Kami harap kesempatan ini bisa dioptimalkan para peternak domba, pemerintah desa melalui Bumdesa. Bisa memprioritaskan Dana Desa untuk mengembangkan sektor peternakan di desanya masing-masing. Melihat peluang dan kesempatan yang ada, kami yakin akan berhasil," tandas M. Adam usai ditemui blokTuban.com selepas jam kerjanya, Jumat (2/10/2020). [feb/col]