19:00 . Perangkat Desa dan Warga Jetak Antusias Ikuti Pelatihan Membatik   |   18:00 . Kemendag Jamin Ketersediaan Beras Selama Tahun 2021   |   16:00 . Katrol PAD Dari Reklame, Satpol PP Tuban Dorong Pemilik Untuk Urus Ijin   |   15:00 . Kejurprov Kickboxing Jatim 2021, Tuban Raih 3 Emas Dan 2 Perunggu   |   14:00 . SATPOL PP Tuban Tertibkan Reklame & Baliho Liar   |   10:00 . Satpol PP Tuban Tertibkan Reklame Tak Berizin   |   09:00 . Ajarkan Cintai Bumi, Sobat Bumi USB Gelar Edukasi dan Aksi Tanam Pohon   |   08:00 . Pengin Tahu ? Ini Tujuh Hal yang Mendorong Produk Lokal Berkembang di Era Digital   |   07:00 . Tingkatkan Kesehatan Tubuh dan Mental, Konsumsi 5 Makanan Ini!   |   17:00 . Berikut Tujuh Hal yang Dorong Produk Lokal Berkembang di Era Digital   |   15:00 . Polisi Selidiki Maling Kotak Amal di Masjid yang Terekam CCTV   |   14:00 . Cara Cepat Raih Keuntungan Lebih Banyak dalam Pembibitan Ikan Lele   |   13:00 . Hadir di Wisuda Sarjana IAINU Tuban, Begini Pesan Gus Reza   |   12:00 . Ulang Tahun blokTuban.com ke-6, CEO BMG Resmi Launching Tuban Digital Forum   |   11:00 . Visi Misi Bupati Tuban Halindra Berjalan, Petani Kolonial Mulai Produksi Pupuk Sendiri   |  
Thu, 02 December 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Diisukan Cemari Lingkungan, Dewan Sidak Tambang Berijin di Rengel

bloktuban.com | Thursday, 01 October 2020 12:00

Diisukan Cemari Lingkungan, Dewan Sidak Tambang Berijin di Rengel

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Beberapa anggota Komisi 1 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tuban melakukan inspeksi mendadak (sidak) tambang gamping di Desa Punggulrejo, Kecamatan Rengel, Kamis (1/10/2020) siang.

Kunjungan kali ini didampingi Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tuban. Rencana awal dewan dan DLH berangkat bersama dari kantor dewan pukul 09.00 Wib. Tim DLH berangkat lebih awal ke lokasi, kurang lebih sejam kemudian Komisi 1 baru sampai di tambang.

Tambang yang disidak kali ini milik Mundir warga Jalan Karangtengah RT3 RW 4 Desa Rengel, Kecamatan Rengel. Usaha yang baru berjalan sebulan dengan ijin nomor 545/1428/124.2.3/2020, dilaporkan oleh seseorang. [koreksi: paragraf ini mengalami koreksi pada jam 16:00 WIB karena informasi yang diterima wartawan di lapangan masih sumir. Kami mohon maaf atas kelalaian yang tidak disengaja]..

"Dampak lingkungan menjadi fokus kami di komisi 1, sehingga hari ini turun ke tambang gamping milik Mundir," ucar anggota Komisi 1, Mukhaffi Makki kepada blokTuban.com.

Soal isu pencemaran lingkungan, Gus Kaffi sapaan akrabnya akan koordinasi dengan anggota lain kemudian baru memberi rekomendasi ke DLH. Ada beberapa poin sehingga belum bisa diungkap hari ini juga.

Pemilik tambang, Mundir menyambut baik kedatangan komisi 1 dan DLH ke tambangnya. Dengan demikian, tambang seluas 1 hektare tersebut telah menjadi perhatian oleh dewan.

"Tambang milik saya rencana beroperasi 4 tahun. Jika ada modal akan diperluas," sambungnya.

Mundir juga tidak menyangka akan mendapat sorotan isu pencemaran lingkungan. Kalaupun ada, soal apa dan harus jelas.

Setelah komisi 1 dan DLH diajak Mundir berkeliling untuk melihat tapal batas tambang, rombongan kemudian mengecek dokumen tambang berijin tersebut.

Sementara Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran Lingkungan DLH Tuban, Purnomosidi berharap setiap penambang mematuhi dokumen lingkungan yang dikantongi. Supaya aktifitas tambang berjalan lancar dengan tetap memperhatikan lingkungan.

"Taati saja dokumen ijin yang dimiliki," pungkas Purnomosidi. [ali/ono]

 

Tag : tambanggamping, dprd, sidak, pencemaran



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more