19:00 . Perangkat Desa dan Warga Jetak Antusias Ikuti Pelatihan Membatik   |   18:00 . Kemendag Jamin Ketersediaan Beras Selama Tahun 2021   |   16:00 . Katrol PAD Dari Reklame, Satpol PP Tuban Dorong Pemilik Untuk Urus Ijin   |   15:00 . Kejurprov Kickboxing Jatim 2021, Tuban Raih 3 Emas Dan 2 Perunggu   |   14:00 . SATPOL PP Tuban Tertibkan Reklame & Baliho Liar   |   10:00 . Satpol PP Tuban Tertibkan Reklame Tak Berizin   |   09:00 . Ajarkan Cintai Bumi, Sobat Bumi USB Gelar Edukasi dan Aksi Tanam Pohon   |   08:00 . Pengin Tahu ? Ini Tujuh Hal yang Mendorong Produk Lokal Berkembang di Era Digital   |   07:00 . Tingkatkan Kesehatan Tubuh dan Mental, Konsumsi 5 Makanan Ini!   |   17:00 . Berikut Tujuh Hal yang Dorong Produk Lokal Berkembang di Era Digital   |   15:00 . Polisi Selidiki Maling Kotak Amal di Masjid yang Terekam CCTV   |   14:00 . Cara Cepat Raih Keuntungan Lebih Banyak dalam Pembibitan Ikan Lele   |   13:00 . Hadir di Wisuda Sarjana IAINU Tuban, Begini Pesan Gus Reza   |   12:00 . Ulang Tahun blokTuban.com ke-6, CEO BMG Resmi Launching Tuban Digital Forum   |   11:00 . Visi Misi Bupati Tuban Halindra Berjalan, Petani Kolonial Mulai Produksi Pupuk Sendiri   |  
Thu, 02 December 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field Konsisten Lestarikan Keanekaragaman Hayati

bloktuban.com | Thursday, 17 September 2020 18:00

Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field Konsisten Lestarikan Keanekaragaman Hayati

Reporter: Nur Muharrom

blokTuban.com - Sejak mengelola Lapangan Sukowati pada bulan Mei 2018, PT Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field terus konsisten dalam berkontribusi terhadap upaya pelestarian lingkungan dan keanekaragaman hayati di wilayah operasi di Kabupaten Bojonegoro dan Tuban, Jawa Timur.

Terdapat 5 program keanekaragaman hayati yang telah diaksanakan oleh Sukowati Field, antara lain penghijauan wilayah operasional Sukowati Field dengan menanam pohon Sawo Jumbo dan Srikaya, lalu konservasi pohon dengan pembagian bibit-bibit pohon Kawista dan Kemiri Sunan kepada warga Ring 1, Program Kebun Bibit dengan spesies pohon Trembesi, Nangka, Mahoni dan Ketepeng, konservasi Mangrove Air Tawar di bantaran Sungai Bengawan Solo, serta konservasi Cemara Laut di pesisir pantai Tuban.

Indarwan Harsoni, Field Manager Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field menjelaskan, bahwa hingga kini total sebanyak 71.462 pohon telah ditanam oleh Sukowati Field, baik di lingkungan sekitar wilayah operasi perusahaan hingga di kawasan konservasi di Kabupaten Bojonegoro dan Tuban.

Soni sapaan akrabnya melanjutkan, bahwa dari kelima program keanekaragaman hayati tersebut, program andalan Sukowati Field adalah program konservasi Cemara Laut.

Program ini dilatarbelakangi hasil social mapping, bahwa kondisi pesisir pantai Tuban khususnya di sekitar daerah Desa Jenu kondisinya gersang tidak ada tanaman, serta berdasarkan pengakuan warga yang berdomisili di wilayah tersebut, bahwa tanah di sekitar pantai semakin tergerus oleh air laut, sehingga berpotensi merusak tempat tinggal dan usaha masyarakat yang berada di sekitar bibir pantai.

“Program konservasi cemara laut dimulai sejak tahun 2018 dengan menanam 500 pohon cemara laut di sekitar bibir pantai, dan sampai tahun 2020 telah tertanam 2000 pohon cemara laut di sekitar bibir pantai. Program ini juga melibatkan LSM Mangrove Center Tuban untuk pelaksanaan dan monitoring evaluasinya,” tambah Soni.

Sementara itu, Ketua LSM Mangrove Center Tuban, Ali Mansur menyampaikan, dengan adanya penanaman pohon cemara laut ini, manfaat yang dapat diterima oleh masyarakat di antaranya abrasi air laut semakin berkurang dan tanah di sekitar pantai sudah mulai kelihatan lagi serta perbaikan ekosistem pantai mulai kembali pulih, karena hewan-hewan habitat mangrove seperti kepiting dan ikan muncul kembali.

"Lebih dari itu, hal ini secara tidak langsung juga berdampak pada hilangnya ancaman kerusakan tempat tinggal masyarakat dan juga usaha-usaha masyarakat yang berada disekitar bibir pantai," kata Ali.

Sementara itu hingga bulan Agustus 2020, produksi minyak Sukowati Field mencapai 9.821 BOPD, melebihi target harian yang dibebankan kepada Sukowati Field serta menyumbang 60% dari keseluruhan produksi minyak di Pertamina EP Asset 4. [mu]

Tag : pertamina, pertamina ep, pertamina ep asset 4, sukowati field



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more