Rawan Pohon Tumbang, Dua Pengendara Motor Jadi Korban

Reporter : Ali Imron

 

blokTuban.com - Fenomena angin kencang bersamaan dengan hujan lebat di Kabupaten Tuban patut diwaspadai oleh pengguna jalan. Selain rawan menyebabkan pohon tumbang, juga mengancam keselamatan jiwa.

Seperti yang dilaporkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban pada Selasa (11/8) malam. Tepatnya di Desa Tegalbang, Kecamatan Palang dahan pohon Bulu berdiameter +-50 centimeter tumbang.

"Dahan tersebut menimpa atap dan pagar bengkel motor milik Muhammad Dodi Taufik. Bengkel tersebut adalah kontrakan milik Supriyono. Dahan pohon tumbang diakibatkan hujan yang disertai angin kencang," terang Kalaksa BPBD Tuban, Yudi Irwanto dalam laporannya, Rabu (12/8/2020).

Kejadian tersebut direspon tim BPBD sekitar pukul 21.29 Wib. Untuk kerusakan rumah ringan dan jumlah kerugiannya belum diketahui.

Meski korban jiwa nihil, tapi dua orang pengemudi sepeda motor mengalami luka lecet di lutut akibat terjatuh menghindari dahan pohon yang tiba-tiba terjatuh di depan mereka.

"Tim mendatangi lokasi dan mengevakuasi dahan pohon tumbang yang menimpa bengkel motor tersebut dibantu oleh warga, relawan bencana, dan Tni-Polri," imbuhnya.

Diketahui, kejadian pohon tumbang di Bumi Wali merupakan fenoma yang sering terjadi hampir di 20 kecamatan. Di kesempatan yang lain, Bupati Tuban, Fathul Huda menjelaskan, bahwa 80 persen bencana yang melanda wilayahnya dikategorikan bersifat hidrometeorologi.

Hal ini pantauan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tahun 2013-2015 yang mana bencana hidrometeorologis akibat dari air dan cuaca.

Adapun Indeks Resiko Bencana wilayah Kabupaten Tuban mencapai skor 175 dan termasuk Kelas Resiko Bencana Tinggi. Kabupaten Tuban berada di urutan 145 dari 496 kabupaten/kota se-Indonesia yang rawan terhadap resiko bencana. [ali/ono]