Tiga Unit Kandang Ayam di Prunggahanwetan, Ludes Terbakar

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com- Tiga unit kadang ayam di Desa Prunggahanwetan, Kecamatan Semanding, terbakar hebat malam ini, Selasa (4/8/2020).

Kalaska Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban, Yudi Irwanto mengatakan, pada pukul 20.10 WIB pihaknya mendapatkan laporan dari salah satu perangkat desa setempat terjadi kebakaran kandang ayam di Desa Prunggahanwetan, Kecamatan Semanding.

"Diperkirakan api berkobar sejak pukul 19.45 WIB," ujar Yudi.

Ia menambahkan, kandang ayam tersebut milik H. Tarsilan warga Desa Bejagung, Kecamatan Semanding, yang kebetulan  kosong sejak enam bulan lalu atau sebelum pandemi Covid-19. 

"Untuk penyebab terbakarnya belum diketahui," ujarnya. 

Lebih lanjut, pihaknya telah menurunkan satu mobil pemadam kebakaran dan dua truk tangki air untuk memadamkan. "Awalnya ada tiga mobil Damkar, tapi karena lokasi yang sulit dijangkau sehingga dua mobil Damkar tidak bisa masuk," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Desa Prunggahanwetan, Heri Winarko mengatakan, pihaknya belum mengetahui terkait penyebab kebakaran tersebut. Berdasarkan saksi mata yang rumahnya dekat dengan kandang ayam,  pada pukul 20.00 WIB api sudah membesar.

"Tidak ada yang mengetahui api berasal dari mana," ungkapnya.

Ia menjelaskan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini namun untuk kerugian diperkirakan mencapai puluhan juta. 

"Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa," tandasnya. 

Hingga berita ini dirilis, api belum berhasil dijinakkan oleh tim BPBD Kabupaten Tuban. [nid/col]