9 Kecamatan Sumbang Kasus Positif Covid-19 Baru 18 Orang

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Tuban nampaknya masih belum menemui titik akhir. Bahkan penambahan kasus baru masih terjadi yang tersebar di sembilan kecamatan, Selasa (14/7/2020).

Penambahan kali ini selain Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) juga masih di dominasi Orang Tanpa Gejala (OTG). 

"Dari delapan belas pasien konfirmasi positif baru, satu berasal dari ODP, lima  PDP dan sisanya didominasi oleh OTG." ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban, Endah Nurul Komariyati.

Jika dirinci penambahan pasien tenkonfirmasi positif dari hasil Tes RT-PCR hari ini adalah dari Kecamatan Plumpang 7 orang yaitu perempuan berusia (14), (16), (42), (47), (57), (97) tahun dan laki-laki berusia (34) tahun.

Selanjutnya, penambahan lain dari Kecamatan Tuban yakni seorang perempuan berusia (55) tahun dan laki-laki berusia (61) tahun. Lalu penambahan asal Kecamatan Palang yakni perempuan berusia (35) dan berusia (57) tahun.

Kemudian, seorang perempuan berusia (26) tahun asal Kecamatan Tambakboyo, perempuan berusia (43) tahun asal Kecamatan Montong, laki-laki berusia (54) tahun asal Kecamatan Soko, perempuan berusia (16) tahun asal Kecamatan Bancar, perempuan berusia (53) tahun asal Kecamatan Merakurak dan dua laki-laki berusia (49) tahun asal Kecamatan Parengan.

"Dari penambahan hari ini, lima diantara pasien konfirmasi positif dari Kecamatan Plumpang berasal dari satu keluarga, begitu juga dengan dua pasien dari Kecamatan Tuban," jelas perempuan yang juga menjabat sebagai Sekretaris Dinas Kesehatan tersebut. 

Hal ini harus diwaspai bersama bahwa penyebaran Covid-19 sangat dimungkinkan terjadi dari orang terdekat, terutama keluarga. Perlu waspada bila ada anggota keluarga yang bekerja atau memiliki riwayat bepergian dari luar kota. 

Untuk itu, masih kata Endah penerapan Protokol Kesehatan harus dijalankan dengan disiplin terutama oleh orang yang beraktifitas di luar rumah atau di keramaian. 

Sehingga ketika sesampainya di rumah harus terlebih dahulu membersihkan diri, berganti pakaian dan memastikan sudah benar-benar bersih sebelum bercengkerama dengan keluarga tercinta. 

"Pemakaian masker juga perlu diperhatikan agar tetap disiplin tanpa membuka atau menurunkan ke dagu terutama bila berhadapan dengan orang lain," pungkasnya.

Berdasarkan peta sebaran yang dirilis Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban, jumlah komulatif pasien konfirmasi positif Covid-19 ada sebanyak 149 orang dengan keterangan 52 orang sembuh, 11 orang meninggal dunia dan 86 masih dalam perawatan dan menjalani isolasi.

Dari Pasien Dalam Pengawasan (PDP) secara komulatif sebanyak 128 orang dengan keterangan 65 orang sembuh, 34 orang meninggal dunia dan 29 orang masih dalam pengawasan. Sedangkan untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) hari ini masih tersisa 19 orang dari 665 orang ODP secara komulatif. [hud/rom]