Sempat Dihentikan Polisi, Bisnis Supply Air Tawar ke Pelsus SI Kembali Normal

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Kebutuhan air tawar kapal-kapal agen yang beroperasional di Pelabuhan Khusus (Pelsus) PT. Semen Indonesia di Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban tercukupi dan kembali normal.

Kondisi ini membaik setelah digelar musyawarah kesepakatan permasalahan supply air tersebut di balai Desa Socorejo. Hadir dalam musyawarah Kades Socorejo Sekcam Jenu, Kasi Bina Lingkungan PT. SI, kepala pelabuhan, BUP (PT Vuba), dan Port Master Pelsus SI.

"Ada lima poin yang disepakati dalam musyawarah pagi tadi," terang Kades Socorejo, Z. Arief Rahman Hakim sembari menunjukkan salinan berita acara kepada blokTuban.com, Jumat (15/5/2020).

Beberapa pihak sepakat, kegiatan supply air tawar yang dijalankan Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Maju Mandiri Sejahtera dan koperasi Serba Usaha Serba Guna adalah bagian program pemberdayaan masyarakat Corporate Social Responsibility (CSR) PT. SI untuk warga Socorejo.

Kegiatan bisnis supplay air ini sudah berjalan sejak tahun 2000 sampai sekarang. Terkait kejadian dalam kurun waktu terakhir disimpulkan bahwa merupakan kegiatan pembinaan yang dijalanlan Polsek Jenu kepada BUMDesa dsn Koperasi di Socorejo.

Menindaklanjuti pembinaan Polsek Jenu dan hasil musyawarah tiga pilar Forkopimka pada 8 Mei 2020, Pemdes telah melakukan pengurus Surat Ijin Pengeboran Air Tanah (SIPA) sesuai petunjuk dari Kapolsek Jenu, AKP Rukimin.

Atas upaya yang telah dilalukan supplyer air tawar, Kapolsek Jenu memberi apresiasi dan petunjuk untuk kembali melakukan kegiatan supply air tawar ke Pelsus SI.

"Kelima poin yang disepakati ini semoga bisa menjadikan usaha kembali normal. Sekaligus memberi manfaat kepada masyarakat," imbuh alumnus UIN Yogyakarta.

Diberitakan sebelumnya, pengurus BUMDesa Socorejo menghentikan supply air ke Pelsus per tanggal 11 Mei 2020. Selepas tiga truk tangki sapplyer air tawar di tahan polisi. Penahanan ini setelah tidak adanya SIPA dalam bisnis ini.

Kang Arief sapaan Kades milenial mengucapkan terimakasih kepada Forkopimka Jenu atas bimbingan dan petunjuknya. Sehingga kegiatan bisnis BUMDesa dan koperasi Socorejo bisa kembali menyuplai air tawar ke Pelsus Semen Indonesia. [ali/ito]