Tuban Persiapan Rapid Tes Massal Pedagang di 3 Pasar Tradisional

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Tim gugus tugas pencegahan dan percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban berencana menggelar rapid tes massal pedagang pasar tradisional.

Ada tiga pasar yang dijadwalkan rapid tes ini, mulai dari Pasar Pramuka, pasar bongkaran, dan Pasar Desa Karangagung, Kecamatan Palang.

Kepada blokTuban.com, Juru Bicara (Jubir) Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban, Endah Nurul Komariyati mengatakan saat ini sedang dalam persiapan rapid tes.

"Kami memang merencanakan rapid tes dan pelaksanaannya masih dikoordinasikan," terang Endah yang juga Sekretaris Dinas Kesehatan Tuban, Selasa (12/5/2020).

Sebanyak 11 warga Tuban dinyatakan reaktif Covid-19 saat menjalani repid tes di Bojonegoro. Dinas kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban, sudah melakukan koordinasi dengan Dinkes Kabupaten Bojonegoro. Dinkes Bumi Wali akan menindaklanjuti hasil tes tersebut.

Saat ini 11 orang tersebut sedang menjalani isolasi mandiri dan ada yang menjalani isolasi di desanya. Karena baru positif rapid tes, belum positif covid-19 maka tidak dibawa ke Rumah Sakit (RS). Mereka ini akan dites ulang di RSUD Koesma.

Tiga hari sebelumnya, 6 warga Tuban dinyatakan reaktif setelah menjalani repid tes di Bojonegoro. Ke 6 warga tersebut, berasal dari kluster pasar di Kabupaten Bojonegoro.

Sama halnya dengan 11 warga Tuban yang reaktif saat melakukan repid test di Kabupaten Bojonegoro. Tim gugus tugas percepatan penanganan covid-19 Tuban akan mentracking atau melakukan pelacakan, kemudian melakukan repid tes ulang kepada 6 warga Tuban tersebut.

"Kalau hasil repid testnya positif lagi, langkah selanjutnya akan di swab PCR," tambahnya.

Berdasarkan data peta sebaran Covid-19 Kabupaten Tuban, per 11/5/2020 hingga pukul 18.00 WIB jumlah kumulatif ODP sebanyak 598 orang dengan keterangan sebanyak 474 orang selesai pemantauan dan 124 orang masih dalam pemantauan.

Selain itu, untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 37 orang. Dari jumlah tersebut tercatat 13 orang sembuh, 7 orang meninggal dunia, dan sisanya yang masih dalam pengawasan sebanyak 17 orang.

Sedangkan untuk orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 sejumlah 11 orang, terdiri dari 1 orang sembuh, 2 orang meninggal dunia, dan 8 orang dalam perawatan. [ali/rom]