Positif Rapid Tes, 6 Santri Temboro Asal Tuban Jalani Tes Swab

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Sebanyak 6 santri Pondok Pesantren Al-Fatah Temboro, Kabupaten Tuban yang telah pulang ke Kabupaten Tuban dan dinyatakan positif terjangkit Covid-19 berdasarkan Rapit Tes, Hari ini Selasa (28/4/2020) menjalani Tes Swab di RSUD Dr. Koesma Tuban.

Pemeriksaan kesehatan serta pengambilan sampel Tes Swab tersebut dilakukan guna untuk mengetahui ke 6 santri tersebut positif terjangkit Covid-19 atau tidak. Hal itu merupakan tindaklanjut setelah hasil Rapid Tes ke 6 santri tersebut menunjukan positif Covid-19 dengan status Orang Tanpa Gejala (OTG).

"Hari ini ke 6 santri itu diupayakan menjalani Tes (Pemeriksaan) Swab di RSUD dr. Koesma. Mereka diantar oleh masing-masing pihak puskesmas," terang Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban, Bambang Priyo Utomo.

Lebih lanjut, Bambang menambahkan usai melakukan pemeriksaan atau Tes Swab di RSUD, kemudian ke 6 santri dengan status OTG tersebut diperbolehkan pulang untuk menjalani masa isolasi mandiri di rumah masing-masing.

"Setelah tes Swab mereka diperbolehkan pulang untuk isolasi mandiri di rumah, tidak harus isolasi di RSUD karena mereka kondisinya sehat. Adapun bila nanti hasil tes Swabnya sudah keluar dan dinyatakan positif Covid-19, maka isolasi akan dipindahkan ke Rumah Sakit," imbuh Bambang.

Sebatas diketahui, hingga saat ini Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tuban telah melakukan pemeriksaan kondisi kesehatan 42 santri Temboro serta telah melakukan Rapid Tes. Adapun hasilnya, ada 6 santri yang telah positif terjangkit Covid-19.

Data yang dihimpun blokTuban.com, Ke 6 santri Temboro asal Tuban yang positif Covid-19 berdasarkan hasil Rapid Tes tersebut berasal dari Kecamatan Palang, Montong, Soko, Parengan dua orang serta Kecamatan Semanding.[hud/ito]