Gelar Senam Cuci Tangan Masal

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Merebaknya isu Virus Corona di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia, membuat Ronggolawe Press Solidarity (RPS) Tuban bersinergi dengan Polres untuk menyosialisasikan gerakan hidup sehat kepada masyarakat.

 

Giat ini turut menyemarakkan puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2020 yang dipusatkan di GOR Rangga Jaya Anoraga, Minggu (8/3/2020).

 

Diawali senam cara mencuci tangan yang benar. Diikuti oleh Wakil Bupati Tuban, DPRD Tuban, Kapolres Tuban, Kodim 0811, Kajari, Pengadilan Negeri, Mangrove Center Tuban, Ketua RPS, Semen Indonesia, Solusi Bangun Indonesia, EMCL, Pertamina Persero, Pertamina EP, DPR RI, GRR Project Tuban, NA Center, dan Timbul Jaya.

 

"Kami bersinergi dengan Polres dengan harapan semakin banyak masyarakat yang paham terakit isu Corona," terang Ketua RPS Tuban, Khoirul Huda.

 

Secara teknis sosialisasi pencegahan Corona disampaikan Dinkes Tuban. Agus Waskito, Kasi P2PM Dinkes langsung menyapa warga Tuban. Kemudian dijawab serentak oleh peserta baik, sehat, luar biasa, yes.

 

"Berbagai negara termasuk Indonesia saat ini sedang sibuk menangani Corona. Masyarakat kami himbau tidak perlu resah dengan informasi yang berkembang," sambung Agus.

 

Info penting bagi warga, lanjut Agus akhir-akhir ini ada selebaran warga Tuban terjangkit Corona. Dinkes menegaskan informasi itu tidak benar.

 

Tim Dinkes telah memantau dan melakukan pendampingan ke warga di 20 kecamatan. Baik yang saat ini sehat maupun sakit, yang sebelumnya pernah berkunjung di negara terjangkit Corona.

 

"Bagi warga yang sakit telah di uji lab dan hasilnya negatif Corona. Tuban saat ini sehat dan tidak ada warga terjangkit virus Corona," tegasnya.

 

Disambung Kapolres Tuban, AKBP Ruruh Wicaksono langsung menyapa seluruh lapisan masyarakat. Sebagai Kapolres yang baru bertugas dua pekan, Ruruh berterimakasih kepada RPS karena bersama-sama mengkampanyekan pencegahan Corona.

 

"Intinya warga Tuban jangan panik. Bagi yang belum tahu bisa tanya ke petugas atau pihak yang lebih paham," pesan mantan Kapolres Madiun.

 

Ruruh berpesan kepada warga Tuban untuk hati-hati menyebarkan info Corona di Medsos. Jangan sampai ikut-ikutan menyebarluaskan info yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.

 

Langkah Polres dan RPS dinilai Wabup Noor Nahar cepat tanggap mencegah Corona. Polisi sebagai pengaman dan jurnalis sebagai pewarta, ambil peran lebih dari semestinya.

 

Mewabahnya Corona, kata Wabup asal Rengel sangat cepat. Begitupula antisipasinya juga luar biasa. Terbukti RSUD Koesma Tuban ditunjuk sebagai salah satu rumah sakit rujukan pasien Corona.

 

"Dinkes dan RS harus hadir lebih sigap supaya masyarakat tidak resah," tambahnya.

 

Perlu diketahui, sebelum gerakan hidup sehat digelar pula penanaman dan pembagian 2000 bibit, jalan sehat, donor darah, hingga santunan 200 anak yatim.

 

 

Di HPN tahun ini, RPS juga telah menggelar pemeriksaan kesehatan bagi semua wartawan di Bumi Wali. Acara tersebut disupport RSUD Koesma dan Pemkab Tuban. [ali/ono]