16 Orang Calon Petugas Haji, Jalani Tes Tahab Kedua

Reporter: Nidya Marfis H

blokTuban.com - Sebanyak 16 peserta pendaftar calon petugas haji Kabupaten Tuban mengikuti test lanjutan tahap II di Asrama Haji Sukolilo Surabaya. Kamis,(13/2/2020). 

 

Peserta tersebut, merupakan pendaftar yang lolos pada seleksi tahap kedua yang digelar oleh Kemenag Kabupaten Tuban pada tanggal 4 Februari 2020 lalu. 

 

Kepala Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban, Sahid menjelaskan, ada16 peserta yang mengikuti tes lanjutan hari ini di kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur (Jatim). Dengan formasi, ketua kloter ada 6 orang, pembimbing ibadah haji 6 orang dan PPIH Arab Saudi ada 4 orang. 

 

 "Tidak semua peserta dari ASN Kemenag Tuban, 3 di antaranya peserta dari KBIH kabupaten Tuban,"ujar Sahid. 

 

 Lebih lanjut, dalam test kompetensi kali ini menggunakan sistem CAT dan tes wawancara, dengan pelaksanaannya seluruh peserta menggunakan smartphone masing - masing.

 

"Pakai smartphonenya sendiri - sendiri,"ungkapnya.

 

Sementara itu Kasi Haji dan Umrah, Umi Kulsum berharap, petugas yang lolos tes nantinya dapat melayani calon jamaah haji secara profesional dan ikhlas.  Sebab melayani tamu Allah yang beragam karakter  tidak lah mudah, sehingga seorang petugas harus sabar. 

 

 "Yang terpenting mendahulukan azas kekeluargaan dan tidak boleh egois,"ujarnya.

 

Lebih lanjut, setelah tes dan dinyatakan lolos akan ada pelatihan petugas dengan tujuan, agar petugas tahu akan tugasnya. [nid/ono]