Evakuasi 2 Sarang Tawon di Kecamatan Rengel, Ukurannya Sebesar Galon

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Sejumlah 2 sarang tawon yang bertitik di Kecamatan Rengel, hari ini berhasil dievakuasi oleh tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban Posko Rengel.

Koloni tawon tersebut berada di Rengel-Tuban Banjarum, Kecamatan Rengel. Tepatnya di Dusun Belimbing dekat bantaran sungai, dan 1 titik lain di Dusun Boro RT/RW 03/04 sekitar kediaman Suwarti, Desa Banjararum.

"Pukul 09.00 tadi, tim Pos BPBD Rengel mendapatkan info dari perangkat Desa Banjararum dan langsung menuju ke lokasi," ungkap Rizki, anggota BPBD Tuban Posko Rengel saat dikonfirmasi blokTuban.com, Selasa (14/1/2020).

Tim BPBD Posko Rengel bergegas dan melakukan evakuasi. Proses evakuasi di dua titik, berhasil diatasi tanpa kendala berarti. Sehingga sarang tawon yang berada dekat rumah warga dengan ukuran sedang, serta sarang tawon di barongan bambu sebesar galon air mineral bisa dimusnahkan.

Kasi Kedaruratan BPBD Tuban, Taufiq usai dikonfirmasi blokTuban.com dalam hal ini mengaku bahwa evakuasi sarang tawon di Tuban selatan sudah kali kedua dilakukan setelah beberapa waktu lalu di Sugihan Desa Sumberejo. Evakuasi serupa oleh tim Posko Tuban juga banyak mendapat laporan dari masyarakat. Seperti di Latsari, dan wilayah Kecamatan Jenu.

Pihaknya mengimbau, apabila terdapat perihal yang mengancam maupun menggangu ketentraman warga, juga peristiwa darurat lain, masyarakat diharapkan berkoordinasi dan melapor ke Posko BPBD Tuban. Yang mana tim nantinya akan bekerjasama melakukan upaya Kedaruratan.

"Jika warga mendapati adanya koloni atau sarang tawon, lebih baik dilaporkan segera. Agar bisa langsung dievakuasi oleh tim BPBD Tuban. Selain itu, kalau ada hal apapun yang menyangkut ledaruratan bisa lapor. Agar ditindaklanjuti tim," tuturnya berpesan. [feb/ito]