11:00 . Obat Alami JSR Atasi Kolesterol, Asam urat dan Darah Tinggi Sekaligus   |   10:00 . Lirik Lagu 'Sang Dewi' - Lyodra Feat Andi Rianto Trending di Youtube Musik Indonesia   |   09:00 . Cerita Sekeluarga Alumni Unair Raih Rekor Muri: Ini Bukan yang Istimewa   |   08:00 . 4 Sifat Wajib Rasul Allah, Patut Dijadikan Teladan Umat I Muslim   |   07:00 . Alasan Pemkab/Kota Harus Membentuk Satgas Patroli Pencemaran Air Bengawan Solo   |   06:00 . 3 Hal yang Sebaiknya Tak Dilakukan Saat Interview Kerja   |   05:00 . Prediksi BMKG Cuaca di Tuban 13 Agustus 2022: Hujan Ringan di Beberapa Titik   |   19:00 . Tingkatkan Minat Baca Generasi Muda, Disperpusip Tuban Akan Fasilitasi Studio Podcast   |   18:00 . Lampu Motor Tidak Dinyalkan Siang Hari? Segini Denda yang Harus Dibayar   |   17:00 . Donor Darah Salah Satu Rangkaian Perayaan HUT RI ke 77 di Tuban   |   16:00 . Calok, Senjata Perang Khas Tuban Waktu Melawan Penjajah Tempo Dulu   |   15:00 . Meriahkan HUT RI ke 77, Pemkab Tuban Gelar Lomba Tradisional dari Sunggi Tampah hingga Rambat Sarung   |   14:00 . Bertajuk Tuban Specta Night, Karnaval Umum Kabupaten Tuban Akan Digelar Malam Hari   |   13:00 . Resep Keju Aroma, Jajanan Kekinian Cocok Untuk Ide Jualan dari Rumah   |   12:00 . Polres Tuban Tampilkan Kolosal Bumi Putera di Gebyar Malam Puncak Harmoni Nusantara 2022   |  
Sat, 13 August 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Komisi VII: Reklamasi Pasca Tambang di Indonesia Belum Maksimal

bloktuban.com | Saturday, 04 January 2020 15:00

Komisi VII: Reklamasi Pasca Tambang di Indonesia Belum Maksimal

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Selepas reses di Kabupaten Tuban, anggota Komisi VII DPR RI, Ratna Juwita Sari mengaku prihatin dengan kondisi lahan pasca tambang di Indonesia. Karena baik perusahaan plat merah, kuning, maupun hijau upaya reklamasinya belum maksimal.

"Dimana-mana reklamasi masih belum sesuai harapan," kata Ratna Juwita, Sabtu (4/1/2020).

Politisi Dapil Tuban-Bojonegoro ini mendorong semua pelaku usaha tambang untuk lebih peduli lingkungan. Kembalikan kondisi lahan sesuai regulasi, supaya masyarakat sekitar tidak terkena imbas.

Tak terkecuali di Kabupaten Tuban, Ratna juga menyinggung reklamasi perusahaan semen BUMN. Masih belum optimal upaya pengembalian lingkungan di perusahaan plat merah itu.

"Begitupula tambang kecil yang saat ini ijin dan pengawasannya di Dinas ESDM Jawa Timur," terangnya.

Waktu lalu, Kepala Dinas ESDM Jatim, Setiajit menegaskan tambang ilegal di Kabupaten Tuban sampai saat ini masih 40 persen. Dari banyaknya tambang di 20 kecamatan Kabupaten Tuban, hanya 60 persen yang kantongi perizinan.

Pemantauan tambang di Tuban paling intens dari satelit. Titik-titik warna putih wilayah pertambangan sangat jelas terlihat, dan saat dicek ternyata belum ada izinnya.

Bagi tambang rakyat silahkan juga diurus sesuai ketentuannya. Intinya pelan-pelan harus diperbaiki sesuai regulasi, supaya Tuban tidak tertinggal dengan kabupaten sekitarnya.

"Tidak hanya di Tuban, 38 kabupaten dan kota di Jatim juga kami awasi," terangnya.

Sementara, dilansir dari Katadata.co.id tahun 2019 lalu Pemerintah melakukan reklamasi tambang seluas 7.000 hektar. Kegiatan tersebut dilakukan guna memulihkan daerah bekas kegiatan pertambangan.

Jumlah tersebut meningkat dibanding 2014 yang mencapai 6.597 hektar dan 6.950 hektar pada 2018. “Kegiatan reklamasi tambang mengalami peningkatan dalam 5 tahun terakhir,” kata Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ego Syahrial dikutip dari siaran pers di Jakarta.

Pemerintah sendiri telah menerbitkan Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2010 Tentang Reklamasi Paska Tambang dan Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 26 Tahun 2018 Tentang Pelaksanaan Kaidah Pertambangan Yang Baik Dan Pengawasan Pertambangan Mineral Dan Batubara. [ali/rom]

Tag : tambang, tambang tuban, pasca tambang, reklamasi



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 07 August 2022 15:00

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda Setiap pagi hari sejak sebulan lalu, kita sering merasakan dingin. Rasa dingin terasa lebih kuat saat menjelang pagi hari. Hal tersebut merupakan tanda terjadinya masa pancaroba atau bisa disebut dengan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat