11:00 . Senin 15 Agustus 2022 : Telur, Bawang Merah, dan Daging Ayam di Tuban Naik, tapi Cabai Turun   |   10:00 . Lirik dan Chord Lagu Alun-Alun Nganjuk - Denny Caknan Feat Yeni Inca | Trending Youtube DC Production   |   09:00 . Stabil, Harga Emas Cetakan Antam dan UBS di Pegadaian, Senin 15 Agustus 2022   |   08:00 . Hukum Menyemir Rambut di Ajaran Islam, Ini Pendapat Ulama   |   07:00 . Prakiraan Cuaca Tuban Hari ini, Senin 15 Agustus 2022   |   06:00 . Selain Marning, Warga Desa Jlodro Tuban Mulai Olah Jagung Menjadi Nugget   |   05:00 . Dear Warga Tuban, Manfaatkan Konsultasi Hukum Gratis di Ruang CFD   |   18:00 . Besok 2.500 Buruh Metal Tuban Demo di 4 Lokasi Ini, Simak Tuntutan dan Rutenya   |   17:00 . Cantiknya Kue Siwalan Crunchy Puff Tuban, Cocok Dijadikan Oleh-oleh saat Liburan   |   16:00 . Keren! Di Tangan Siswa SMKN 3 Tuban, Buah Siwalan Jadi Kue Beraneka Rasa   |   15:00 . Hujan Masih Turun di Bulan Agustus 2022, Ini Kata BMKG Tuban   |   14:00 . Pertunjukan Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa Tuban pada Pengukuhan Anggota Baru   |   13:00 . 1.548 Anggota Pagar Nusa Tuban Dikukuhkan, Dihadiri Tokoh Penting dari Kiai hingga Aparat Penegak Hukum   |   12:00 . 5 Pasangan Mesum Bukan Suami Istri di Tuban Terjaring Operasi Cipta Kondisi, Beberapa Berstatus Mahasiswa   |   11:00 . 490 Personel Polisi Diturunkan pada Pengukuhan Anggota Pagar Nusa Tuban, Penggembira Dilarang Konvoi   |  
Mon, 15 August 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Kemenag Tuban Gelar Pembinaa Keluarga Sakinah dan Pengelolaan Keuangan

bloktuban.com | Tuesday, 31 December 2019 18:00

Kemenag Tuban Gelar Pembinaa  Keluarga Sakinah dan Pengelolaan Keuangan

Reporter: Nidya Marfis H. 

blokTuban.com - Akhir tahun 2019, Kementerian Agama (Kemenag)  Tuban menggelar Pembinaan Keluarga Sakinah dan Pengelolaan Keuangan Keluarga, di Aula Kemenag Tuban. 

Kepala Kantor Kemenag Tuban, Sahid mengatakan, ada beberapa peran orang tua untuk mencegah ajaran radikal pada anak di antaranya memberi pemahaman agama secara utuh dan benar kepada anak; kedua, memberikan pemahaman terhadap anak tentang bahaya gerakan radikal. Ketiga, memperkuat Pancasila sebagai ideologi bangsa dalam praktek kehidupan sehari-hari;  keempat, memberikan rasa aman, nyaman dan menyenangkan kepada anak untuk tinggal di rumah.

"Kelima, menjadi sahabat untuk anak dan keenam, mengajak anak untuk mengenal ragam budaya dan agama di Indonesia agar mereka mengenal nilai kebhinekaan," ungkap Sahid, Selasa (31/12/2019).

Menurutnya, radikalisme tidak hanya menyebar melalui buku atau pergaulan di sekolah maupun luar sekolah, namun juga menyebar melalui gadget dan media sosial. Selain itu ia juga mengajak untuk meneladani beberapa tokoh dan wali. 

"Yang pertama sebagai warga Tuban harus bisa meneladani Sunan Bonang yang agamis, kedua meneladani tokoh Ronggolawe yang pemberani dan ketiga meneladani semangat tentara Tar Tar dari China," ungkapnya. 

Umi Kulsum menyampaikan,  untuk mencapai komunikasi keuangan yang yang baik, seluruh anggota keluarga harus memiliki satu pengertian yang sama tentang tiga prinsip dasar dari pengelolaan keuangan rumah tangga samara.

"Ketiga prinsip pengelolaan keuangan rumah tangga samara yaitu berupaya mencari nafkah yang halal dan thayib," ungkap Umi Kulsum.

 Lebih lanjut, suami dan istri maupun anak-anak harus saling mengingatkan dan mengontrol apa yang mereka dapat dalam rumah tangga; hemat dan ekonomis, salah satu langkah hebat orang tua dalam mendidik anak adalah berhemat dan tidak konsumtif. Dengan di manage-nya keuangan keluarga, diharapkan pemanfaatan uang dalam keluarga bisa menjadi efektif dan efisien.

"Sesuai kebutuhan keluarga sehingga keluarga menjadi sakinah mawadah warahmah," tandasnya. [nid/col]


Tag : Kemenag, keluarga, pembinaan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 07 August 2022 15:00

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda Setiap pagi hari sejak sebulan lalu, kita sering merasakan dingin. Rasa dingin terasa lebih kuat saat menjelang pagi hari. Hal tersebut merupakan tanda terjadinya masa pancaroba atau bisa disebut dengan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat