Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Dalam rangka operasi Aman Semeru 2019, puluhan personel gabungan dari jajaran Polres Tuban bersama dengan TNI dan Satpol PP Tuban, menggelar kegiatan razia dengan sasaran sejumlah hotel di wilayah Kabupaten Tuban, Kamis (19/12/2019) malam.

Kegiatan razia guna untuk menciptakan wilayah Kabupaten Tuban yang aman dan kondusif menjelang Natal dan tahun baru itu digelar dengan sasaran Narkoba, Miras dan juga Sajam maupun gangguan keamanan lainnya. Adapun hasilnya, petugas mendapati lima pasangan mesum yang bukan suami istri.

Dalam razia itu, puluhan petugas menyisir sejumlah hotel yang selama ini disinyalir menjadi tempat cek in pasangan bukan suami istri. Yakni tiga hotel yang ada di Kecamatan Jenu dan Kota Tuban.

Informasi yang dihimpun blokTuban.com, sasaran pertama razia itu adalah Hotel Fortuna Asri yang ada di jalan Tuban-Semarang, Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu. Yang mana dari razia tersebut petugas berhasil mengamankan satu pasangan bukan suami istri yang sedang berada dalam satu kamar.

"Kegiatan operasi ini tujuannya adalah untuk menciptakan situasi yang kondusif di wilayah Tuban. Terutama menjelang Hari Natal dan Tahun baru," kata Kasat Reskoba, AKP I Made Patera Negara.

Selanjutnya sasaran kedua adalah Hotel Mahkota yang ada di Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu, di hotel tersebut petugas menemukan adanya tiga pasangan bukan suami istri.

Dari hotel itu ada pasangan yang sengaja berusaha mengelabuhi petugas dengan memasukkan sepeda motornya ke dalam kamar hotel dan juga mematikan AC dan lampu.

Setelah itu, kemudian petugas merazia Hotel SG17 yang ada di Kota Tuban. Dari hotel tersebut terdapat satu pasangan pria wanita yang tidak bisa menunjukkan surat nikah dan mengaku telah nikah siri.

"Total dari razia ini ada sebanyak lima pasangan bukan suami istri. Kemudian mereka kita amankan dan dibawa ke Polres Tuban untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut," imbuhnya.

Petugas yang melakukan razia itu juga melakukan pemeriksaan identitas dari para pengunjung hotel yang ada di wilayah hukum Polres Tuban. Barang bawaan yang dinilai mencurigakan juga diperiksa oleh petugas.[hud/rom]