15:00 . Warga Tuban Serbu Pasar Murah Berhadiah Gula Pasir   |   14:00 . 20 BUMDesa Tuban Pamer Produk di Event Besti, Pedagang Kebanjiran Berkah   |   13:00 . Peringatan 50 Tahun IKA UNAIR di Tuban, Khofifah Harapkan Keberkahan   |   12:00 . Kantor Kejari Tuban Dipenuhi Karangan Bunga, Dukung Pelaporan Alvin Liem   |   11:00 . Fashion Show Gadis Pesisir Tuban 2022 Sukses Digelar di Pantai Semilir Socorejo   |   10:00 . Festival Batik Pantai Semilir 2022 || Pantai SEMILIR   |   09:00 . Empat Film Bioskop NSC Tuban di Akhir Pekan, Pilih yang Mana!   |   08:00 . Prediksi Cuaca Tuban 24 September 2022: Sore Hari Hujan Ringan dan Berawan Tebal   |   07:00 . BPS Laporkan Penurunan Kunjungan Wisata Mancanegara di Jatim   |   06:00 . KONI Jatim Libatkan Hope Physioteraphy di Puslatda Jelang PON XX 2024   |   05:00 . Hadiri 50 Tahun IKA UNAIR di Tuban, Gubernur Khofifah Dijadwalkan Gowes hingga Tanam Mangrove   |   23:00 . Desa Jlodro Tuban Mencekam, Berawal dari Sakit Hati Kakek Bacok Tetangganya hingga Tewas   |   22:00 . Pengurus IKAMI ATTANWIR Tuban Dilantik, Ketum : Kita Harus Kompak dan Semangat   |   21:00 . Diduga Cemarkan Intitusi Kejaksaan di Youtube, Persaja Tuban Laporkan Alvin Liem ke Polisi   |   20:00 . Jadi Souvenir G20, Menparekraf RI Puji Produk Teh Herbal Binaan Pertamina   |  
Sun, 25 September 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Inovasi Sistem Operational Data Repository Pertamina EP Diapresiasi Joint Convention

bloktuban.com | Wednesday, 04 December 2019 08:00

Inovasi Sistem Operational Data Repository Pertamina EP Diapresiasi Joint Convention

Reporter: -

blokTuban.com - PT Pertamina EP (PEP), anak perusahaan PT Pertamina (Persero) sekaligus Kontraktor Kontrak Kerja Sama di bawah pengawasan SKK Migas, bertugas mencari sumber minyak dan gas untuk mendukung pencapaian target yang sudah ditetapkan. 

 

Sejalan dengan hal tersebut, PT Pertamina EP juga terus berupaya menjalankan strategi yang mengikuti perkembangan zaman. Komitmen PEP tersebut mendapatkan apresiasi dalam ajang Joint Convention Yogyakarta 2019. 

 

Joint Convention Yogyakarta (JCY) 2019 merupakan kegiatan yang diselenggarakan Himpunan Ahli Geofisika Indonesia (HAGI), Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI), Ikatan Ahli Fasilitas Produksi Minyak dan Gas Bumi Indonesia (IAFMI), dan Ikatan Ahli Teknik Perminyakan Indonesia (IATMI). 

 

Tema yang diusung adalah "Toward Massive Exploration and Maximizing Undeveloped Resources". Acara tersebut diselenggarakan pada tanggal 25-28 Nopember 2019 di Hotel Tentrem, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

 

Pada kesempatan tersebut, salah satu paper PT Pertamina EP yang berjudul “Reserves and Resources Report Application in Welcoming Industry 4.0 Challenges” didaulat menjadi Peringkat 1 Terbaik serta Reza Alfajri berhasil menjadi best presenter 1st place. 

 

Paper tersebut merupakan karya tulis hasil kerjasama tim yang terdiri dari Production Senior Engineer Asset 1 Reza Alfajri, Reservoir Senior Manager Hanief Jauhari  Sangasanga Sangatta & Tanjung ICT Ast Manager Andar Parulian Hutasoit.

 

Juga Business Solution Ast Manager Liston Sitanggang, Prabumulih & Limau Exploitation Manager Sakti Parsaulian Siregar, dan Reservoir Engineer Ernita Sembiring Meliala. Penghargaan diserahkan langsung oleh ketua IAFMI Taufik Aditiyawarman yang juga menjabat sebagai Direktur Operasi & Produksi Pertamina Hulu Energi. 

 

Topik dalam karya tulis tersebut membahas pembuatan aplikasi pelaporan cadangan dan sumber daya di PEP menjadi salah satu modul pada IT system Operational Data Repository (ODR). 

 

Aplikasi ini mulai dibangun sejak tahun 2016 dan telah diimplementasikan pada pelaporan cadangan status 01 Januari 2018 dan 01 Januari 2019. 

 

“Saat ini sudah tersedia data laporan cadangan sejak tahun 2006 sd 2019 di dalam database aplikasi ini, ‘’ ujar Direktur Pengembangan Pertamina EP John H Simamora. 

 

Lebih lanjut dijelaskan, bahwa penerapan aplikasi ini dalam proses bisnis perusahaan memberi beberapa manfaat. Di antaranya meminimalkan kesalahan manusia, membangun satu sumber data tunggal, dan mengefisienkan waktu yang diperlukan untuk pembuatan laporan cadangan dan sumber daya. 

 

“Aplikasi ini merupakan pionir aplikasi pelaporan cadangan di Direktorat Hulu Pertamina dan menunjukkan bahwa PT. Pertamina EP mampu  beradaptasi di era industry 4.0,’’ terangnya.

 

Pemilihan tema kegiatan JCY 2019 memberikan solusi dan langkah kongkrit dalam upaya meningkatkan eksplorasi dan produksi migas di Indonesia. Baik dari sudut pandang pemangku kebijakan (Regulator), para pelaku Industri Hulu Migas (Investor/ Contractor), dan akademisi (Universitas). 

 

Kegiatan JCY 2019 ini selain fokus pada pertemuan ilmiah melalui sesi paralel atas makalah oral dan poster presentation, juga menyelenggarakan diskusi panel dan pameran dari berbagai perusahaan di industri pertambangan, perminyakan dan industri geosains, fasilitas produksi dan perminyakan lain.[ono]

 

Tag : pertaminaep, penghargaan, bumn



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 20 September 2022 05:00

    Opini

    Menata (Serius) Kompetisi Olahraga ?

    Menata (Serius) Kompetisi Olahraga ? Ada celetukan yang sering muncul di antara teman-teman pelatih olahraga begini, latihan terus menerus tanpa bertanding itu sama artinya dengan merasa hebat tapi tidak teruji dan terbukti. Latihan terus tanpa...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat