Pertamina Tanam 10.000 Pohon dan Serahkan CSR Rp1,2 Miliar di Tuban

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Dalam rangka memperingati HUT RI ke-74, Pertamina bersama masyarakat Kabupaten Tuban dan peserta program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) dari Provinsi Gorontalo melakukan penanaman 10.000 pohon, meliputi 5.000 pohon mangrove dan 5.000 pohon cemara laut dalam acara Coastal Clean Up yang dipusatkan di Mangrove Center Tuban, Sabtu (17/8) yang merupakan bagian dari program SMN Jawa Timur 2019 pada rangkaian acara tahunan BUMN Hadir Untuk Negeri.

Dalam kesempatan yang sama, Pertamina juga menyerahkan bantuan CSR senilai lebih dari Rp 1,2 Milyar dalam berbagai bentuk program CSR khususnya untuk memajukan bidang pendidikan, kesehatan, pemberdayaan serta lingkungan yang diperuntukkan bagi masyarakat Tuban.

Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno mengatakan, dalam menyukseskan peringatan HUT RI yang pada tahun ini dipusatkan di Kabupaten Tuban, sebagai rangkaian acara BUMN Hadir Untuk Negeri tahun ini, Pertamina bersinergi bersama para BUMN lain seperti PT INKA (Persero), PT PAL Indonesia (Persero), PTPN XI dan PT Waskita Karya (Persero) Tbk selaku Co-PIC serta menggandeng Pemerintah Kabupaten Tuban, para tokoh masyarakat dan penggiat lingkungan.

“Dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-74 di Tuban, Pertamina sebagai BUMN melalui kegiatan Coastal Clean Up dan penanaman pohon mengajak masyarakat untuk terlibat dalam aksi kepedulian lingkungan, selain itu melalui beragam program CSR, Pertamina berupaya untuk dapat memajukan masyarakat sebagai wujud nyata BUMN hadir untuk negeri,” ujar Harry Sampurno

Bantuan CSR senilai lebih dari Rp 1,2 Milyar ini meliputi beberapa program CSR diantaranya, program CSR Bantuan Holtikultura dan Produk Turunannya, Pupuk Organik Limbah Jagung, Pakan Ternak Limbah Jagung, Bantuan Pendidikan berupa mebelair dan perpustakaan untuk 6 (enam) sekolah, Bantuan Revitalisasi Perpustakaan SMA Mambail Huda.

Sekaligus beasiswa untuk 25 orang Siswa SD, SMP dan SMA, Bantuan Elektrifikasi 50 Titik Sambungan yang merupakan Bantuan PKD (Pemenuhan Kebutuhan Dasar), Bantuan alat – alat kesehatan Posyandu dan Bantuan peralatan kebersihan pantai serta bibit mangrove dan cemara laut.

Selain itu, bantuan Pangan Murah, Pemberian Makanan Tambahan dan Pemeriksaan Kesehatan Ibu dan anak akan dilaksanakan besok (18/8) pada Festival Merdeka Pertamina yang akan diselenggarakan di Lapangan GOR Rangga Jaya Anoraga, Tuban.

Hadir dalam rangkaian acara ini Direktur Pemasaran Korporat Pertamina, Basuki Trikora Putra, Direktur PT INKA, Budi Noviantoro, Presiden Direktur PT Waskita Karya, I Gusti Ngurah Putra dan pejabat di lingkungan Pemkab Tuban.

“Melalui bantuan CSR yang diberikan semoga dapat memberikan manfaat untuk masyarakat Tuban, khususnya melalui bantuan pendidikan kami berharap Tuban banyak mencetak SDM Unggul sebagai generasi penerus bangsa yang dapat semakin memajukan Indonesia,” pungkasnya. [ali/mu]