18:00 . Sidang Kedua Terdakwa Sabu Hotel Mustika, Saksi Polisi Diperiksa   |   17:00 . Menko Airlangga: Ada Empat Poin Penting untuk Pengembangan UMKM 2022   |   16:00 . Sidang Perdana Guru Spiritual Tuban Didakwa Setubuhi dan Cabuli Tiga Anak   |   15:00 . Penduduk Miskin Bertambah, KNPI Tuban Tawarkan Solusi ke Dinsos   |   14:00 . Juknis BOP RA Tahun 2022 Disosialisasikan, Ini Kriteria Siswa Penerima Bantuan   |   13:00 . Mahasiswa PMII Menuntut Pemkab Tuntaskan Kemiskinan di Tuban   |   12:00 . Perahu Nelayan Tradisional di Tuban Kota Tenggelam   |   11:00 . Tahun 2022, Jutaan Kelompok Rentan Terima Bansos, Mensos Pastikan Optimalisasi Peran Pendamping Sosial   |   10:00 . Peluang Usaha di Era Kekinian - Tuban Digital Forum   |   09:00 . Belalang Goreng, Kuliner Unik dengan Kandungan Protein Tinggi   |   08:00 . Mendag: Mulai Hari Ini Harga Minyak Goreng Rp14.000   |   07:00 . Masuk Musim Penghujan, Orangtua Yuk Kenali Gejala Demam Berdarah pada Anak!   |   20:00 . Sapa Warga Binaan di Lapas, Wabup Tuban Harap Setelah Bebas Warga Binaan Bisa Mandiri   |   20:00 . BUMDes Ngadirejo, Hadir untuk Tingkatkan Perekonomian Desa   |   19:00 . Polisi Pasang Imbauan Larangan Parkir dan Bermain di Jembatan TBT   |  
Wed, 19 January 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Sharing Sebelum Sebar, Cara Tangkal Berita Hoax

bloktuban.com | Friday, 08 March 2019 21:00

Sharing Sebelum Sebar, Cara Tangkal Berita Hoax

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Maraknya berita atau informasi hoax menjelang pemilu 2019, menjadi keprihatinan tersendiri Kapolsek Senori, AKP Musa Bakhtiar. Untuk menangkalnya, Kapolsek menggelar Ngopi bareng jurnalis Ronggolawe Press Solidarity (RPS) dan netizen di Rumah Joglo Kost Ash-Shoya Tuban.

"Sharing sebelum share (menyebar) supaya kita tidak ikut memviralkan berita yang belum jelas kebenarannya," ujar Kapolsek Musa kepada blokTuban.com, Jumat (8/3/2019).

Pertemuan antara netizen dan jurnalis kali ini untuk sharing informasi, karena berita hoax belakangan ini sangat luar biasa. Terlebih menjelang Pesta Demokrasi Pileg dan Pilpres 17 April mendatang.

Melalui obrolan ringan, diharapkan ada transfer pengetahuan yang muaranya pada pemberitaan. Netizen harus bisa menyampaikan informasi yang ada dasarnya. Jangan asal share sesuatu yang belum jelas asal usulnya.

"Hoax sangat merugikan kita semua," beber pria kelahiran Ngawi ini.

Sekretaris RPS, Dion Dajar Arianto, memiliki cara khusus ketika menerima informasi atau berita yang belum jelas. Bisa dicek di media yang sudah terverifikasi di website Dewan Pers.

"Kalau berita nasional saya biasa ngecek di Detik atau CNN. Sedangkan yang lokal ngecek di Berita Jatim," sambung kontributor Trans ini.

Kendati demikian, Dion bukan berarti tak percaya dengan media yang belum terverifikasi. Prinsipnya lebih cerdas mengkonsumsi informasi dari media yang kredibel dan terpercaya.

Perwakilan Netizen Ronggolawe (Nero), Arif Mustofa, mendukung kegiatan Ngopi yang digelar Polsek Senori. Diharapkan acara semacam ini berkelanjutan, apalagi tema utamanya menangkal hoax.

"Kita harus bisa memilah berita yang baik dan media terpercaya," imbuhnya.

Hoax harus ditangkal, karena dapat meresahkan masyarakat khususnya di Bumi Wali. Melalui sinergi polisi, jurnalis, dan netizen semoga pesta demokrasi tahun ini berjalan lancar.

Perwakilan Blusukan Alam Tuban (BAT), Reyvan Muhammad, menilai penangkalan berita hoax tak bisa instan. Perlu waktu dan telaten menyebarkan konten berita positif di media sosial.

"Misal ada video kita bisa lihat dari awal sampai akhir. Kapan kejadiannya, dan apakah sudah tayang di media terverifikasi," pungkasnya. [ali/rom]

Tag : berita hoax, rps



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more