11:00 . Resep Membuat Keripik Kaca Daun Jeruk   |   10:00 . Membangun Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat   |   09:00 . Harga Emas Antam Hari ini 7 Februari 2023 Pecahan Terendah di Harga Rp558.500   |   08:00 . Teks Doa Peringati 1 Abad Nu oleh Gus Mus   |   07:00 . Kumpulan Ucapan Harlah NU ke 100 Tahun yang Simpel dan Bermakna   |   06:00 . Lirik dan Chord Lagu Kehilanganmu Berat Bagiku - Kangen Band   |   06:00 . TPPI Perkuat Sinergi Media Tuban untuk Keberlangsungan Operasi Kilang   |   22:00 . Sektor Pertanian Dominasi Lapangan Pekerjaan di Kabupaten Tuban   |   21:00 . Kondisi Sekitar Lokasi Stadion Gelora Delta Sidoarjo Pasca Hujan   |   20:00 . Pemuda di Tuban Nekat Curi Sparepart Alat Berat Pembakaran Gamping Senilai Rp200 Juta   |   19:30 . Cukup Sekali Klik, Ini Link Live Streaming Puncak Resepsi 1 Abad NU   |   19:00 . Banjir Masih Dominasi Bencana di Tuban   |   18:30 . 12 Ribu Banser di Sidoarjo Matangkan Koreografi di Bawah Rintikan Hujan   |   18:00 . Ikuti Cabai, Harga Minyak Curah, Telur hingga Bawang Putih di Tuban Naik   |   17:00 . Anggap Kebebasan Pers Selesai, Presiden akan Keluarkan Perpres Media Sustainability   |  
Tue, 07 February 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Layanan Haji Dinilai Memuaskan

bloktuban.com | Tuesday, 29 January 2019 09:00

Layanan Haji Dinilai Memuaskan

Reporter: Sri Wiyono

blokTuban.com – Layanan ibadah haji yang diselenggarakan Kementrian Agama (Kemenag) dinilai memuaskan. Sesuai hasil Survey Kepuasan Jemaah Haji Indonesia (SKJHI) tahun 2018 oleh Badan Pusat Statistik layanan haji masuk kategori sangat memuaskan.

‘’Indeksnya sampai angka 85,23. Ini luar biasa,’’ ujar Kepala Kantor Kemenag Tuban Sahid saat membuka acara  Sosialisasi Penyelesaian Dokumen dan Perlengkapan Haji bagi Calon Jamaah Haji Tahun 2019. Acara dihadiri oleh Kepala KUA, penyuluh, KBIH, dan perwakilan IPHI.

Dia mengatakan, tahun lalu sebanyak 221 ribu orang yang beribadah haji regular. Dengan belakang pendidikan dan sosial budaya yang berbeda berhasil di akomodir oleh Kemenag. Pengaturan keuangan haji telah dibentuk BPKH  (Badan Pengawas Keuangan Haji).

‘’Keberhasilan ini semua bukti kerja sama  semua pihak, antara Kemenag, instansi terkait dan tak lupa peran KBIH setempat,’’ tambahnya.

Tahun ini, lanjut pria penyuka buah durian ini,  semua pelayanan masih sama dengan tahun lalu. Dengan dasar regulasi yang diatur dalam UU nomor 13 tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji.

‘’Yang berbeda kemungkinan adalah terkait biaya haji yang naik. Karena saat ini BPIH masih dibahas,’’ ungkapnya. 

Menurut  Sahid, kemugkinan kenaikan BPIH ini karena ada beberapa pertimbangan.  Di antaranya, biaya pesawat naik, seluruh komponen yang ada naik 5 persen dan ada penambahan 50 kanal konsumsi.

‘’Pemerintah Indonesia meminta kepada pemerintah Arab Saudi untuk meningkatkan pelayanan,’’ tutur dia.

Layanan yang diminta ditingkatkan itu adalah  bis sholawat 24 jam, pelayanan hotel setara dengan hotel bintang tiga, upgrade perhajian utamanya transportasi dari Mekkah, Madinah dan Jeddah, dan upgrade tenda di Arafah,  termasuk tambahan AC dan karpet.

"Banyak jamaah yang tidak tahu sebenarnya biaya ibadah haji  sekitar Rp 60 juta. Kenapa jamaah membayar jauh di bawah nilai standar ? Karena disubsidi oleh pemerintah dari dana yang sudah kita setor di awal, ‘’ jlentreh pria berkacamata ini.

Untuk Kabupaten Tuban, data per 28 Januari tercatat 24.500 orang yang mendaftar. Ini berarti antrenya sekitar 24 tahun. Untuk tahun ini, jatah untuk Tuban turun dari 1000 orang menjadi 800 an calon jamaah haji. 

‘’Kegiatan ini untuk memberikan penjelasan dan informasi yang tepat,  serta  pemahaman yang sama mengenai dokumen dan perlengkapan haji, sehingga kesalahan bisa diminimalisir sejak awal,’’ tambah Kasi Haji dan Umroh  Umi Kulsum.

Acara yang digelar atas kerjasama Kemenag Tuban dengan kantor Imigrasi Tanjung Perak Surabaya itu selain peserta dari Tuban, juga hadir dari Kabupaten Bojonegoro, Kasubag TU, KBIH dan Kepala KUA sejumlah 30 orang. 

‘’Narasumber dari Dukcapil, Pengadilan Negeri dan Imigrasi Tanjung Perak Surabaya,’’ tandasnya.[ono]

 

Tag : haji, kemenag, BPIH, jamaah



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 07 February 2023 10:00

    Membangun Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat

    Membangun Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat Manusia merupakan makhluk sebagai pelaku utama di dalam yang namanya lingkungan, dimana manusia tidak lepas dari kebutuhan untuk hidup dan tergantung dari kondisi lingkungan tempat dimana ia berada....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat