Bupati Buka Bedah Buku Islam Nusantara di MA Manbail Futuh

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Bupati Tuban, H. Fathul Huda resmi membuka acara Bedah Buku Islam Nusandara dalam rangka Harlah ke-39 Madrasah Aliyah (MA) Manbail Futuh Desa Beji, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Kamis (10/1/2019).

Acara yang bertemakan 'Meningkatkan Pendidikan Yang Berakhlaqul Karimah, Pendidikan Yang Berwawasan Keislaman Yang Moderat dan Tasamuh' tersebut, MA Manbail Futuh menggandeng Pengurus Wilayah Lembaga Bahtsul Masail Nahdlotul Ulama (PW LBM NU) Jawa Timur selaku penyusun Buku Islam Nusantara.

Dalam acara itu, Bupati Tuban menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya acara bedah buku ini. Menurutnya, islam nusantara merupakan islam yang pas untuk diterapkan di Indonesia. Dan ini masih belum banyak dipahami, sehingga diadakan bedah buku ini sesuai dengan kajian akademi.

"Mudah-mudahan semuanya bisa memperkuat islam nusantara dan memperkuat NKRI," terang Bupati Tuban usai membuka acara Bedah Buku.

Sementara itu Kepala Sekolah MA Manbail Futuh M. Arifuddin mengatakan, tujuannya untuk membentengi warga Nahdliyin dari faham radikalisme serta untuk membentengi siswa-siswi agar nantinya tidak mudah terpengaruh dengan faham-faham radikalisme.

"Kami mengundang Pengurus NU, Kyai-kyai, Pejabat-pejabat, siswa-siswi kesini agar semuanya menyatu dan ikut mensosialisasikan dan memahami islam nusantara," terang Arifudin.

Dia menambahkan, dalam acara bedah buku ini diikuti sebanyak 350 peserta terdiri dari Akademisi, Pengurus NU dan Banom NU, serta siswa-siswi dengan Narasumber dari PW LBM NU Jawa Timur diantaranya, KH. Mujab Masyhudi, Ustad Muntaha, KH. Najib Buchory dan M. Arifuddin.

"Diharapkan, siswa-siswi ini lebih mantep dan bisa membentengi diri dari aliran radikal dan bisa mengaplikasikan konsep islam nusantara dalam dirinya dan bisa menyampaikan kepada masyarakat," pungkasnya.[hud/ito]