246.325 Anak di Tuban Telah Mendapatkan Vaksin MR

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Pelaksana Tugas (plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban menyatakan, kampanye vaksinasi Measles Rubella (MR) berjalan maksimal. Hasilnya, ribuan anak di Bumi Wali telah selesai mendapatkan imunisasi vaksin campak dan rubella tersebut.

"Jumlah anak yang sudah menjalani imunisasi MR sebanyak 246.325 orang," kata Plt Kadinkes Tuban, Endah Nurul Komariyati kepada blokTuban.com, Senin (27/8/2018).

Jumlah tersebut diambil selesai pada tahap satu. Kampanye imunisasi MR tahap pertama sudah dilakukan Agustus-September 2017 di Pulau Jawa, termasuk Tuban. Imunisasi tahap kedua serentak dilakukan 1 Agustus 2018 di 28 provinsi di luar Pulau Jawa.

Untuk mengkampanyekan imunisasi pencegahan penyakit campak dan pengendalian penyakit rubella atau Congenital Rubella Syndrome (CR8) ini diklaim tidak ada kendala di Tuban.

"MR rutin berjalan seperti biasa. Alhamdulillah tidak ada kendala dan Tuban hasilnya di atas target, 102.91 persen," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, usai melalui proses panjang, akhirnya Komisi Fatwa Majlis Ulama Indonesia (MUI) memutuskan bahwa Vaksin MR yang dikeluarkan produsen Serum Institute of India (SII) diperbolehkan (Mubah) untuk imunisasi. Hal itu karena memperhatikan tiga perkara.

Berdaskan fatwa MUI, alasan vaksin MR diperbolehkan digunakan di Indonesia yang pertama, karena terdapat kondisi keterpaksaan (dlarurat syar’iiyah). Ke dua, belum ditemukannya vaksin MR yang halal dan suci, dan yang ke tiga, ada keterangan ahli yang kompeten dan dipercaya tentang bahaya yang ditimbulkan akibat tidak diimunisasi dan belum adanya vaksin halal. [rof/ito]