LAZISNU Tuban Ajak Masyarakat Peduli Gempa Lombok

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika RI (BMKG RI) kembali merilis telah terjadi gempa bumi dengan kekuatan 5.4 SR, pada 12 km Barat Daya Lombok Utara-NTB. Gempa terjadi sekitar pukul 07.28 Wib dan tidak berpotensi Tsunami (Event ini sudah direview oleh seismologist).

Sebelumnya, gempa 7 Skala Richter (SR) mengguncang Lombok Utara pukul 18.46 Wib, Minggu (5/8/2018). Gempa yang berlokasi di 8.37 LS, 116.48 BT dengan kedalaman 15 Kilometer tersebut berpotensi terjadinya tsunami, namun pihaknya resmi mengakhiri peringatan dini terhadap tsunami pukul 20.25 Wib.

Informasi lain yang berhasil dihimpun blokTuban.com dari situs resmi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga Senin dini hari (6/8/2018) pukul 02.30 Wib tercatat 82 orang meninggal dunia akibat gempa, ratusan orang luka-luka dan ribuan rumah mengalami kerusakan.

Ribuan warga mengungsi ke tempat yang aman. Aparat gabungan terus melakukan evakuasi dan penanganan darurat akibat gempa bumi.

Menanggapi peristiwa pilu ini, Lembaga Zakat Infaq dan Shodaqoh Nahadlatul Ulama (LAZISNU) Tuban, mengajak masyarakat peduli sesama dengan menyalurkan dana melalui NU Care LAZISNU Jawa Timur. Upaya ini diklaim sebagai bukti kepedulian NU kepada sesama manusia.

"Duka mereka adalah duka kita semua. Mari bersama ringankan beban saudara kita di Lombok," ajak Ketua LAZISNU Tuban, Muhtarom Husnan, Senin (6/8/2018).

Bagi yang akan menyumbang, terang Muhtarom, masyarakat bisa mengirimkan sumbangan uang melalui LAZISNU Jatim di rekening BTN Syariah 7063066060 dengan kode bank 200.

"Sementara pakai posko PW LAZISNU Jatim," ucapnya menandaskan. [rof/rom]