Terbaru, Bajai Hari Ini Mulai Beroperasi di Tuban

Kontributor: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Bupati Tuban Fathul Huda menghadiri Launching dan Sosialisasi Kendaraan Umum Non Trayek di Kota Tuban. Untuk memudahkan masyarakat kota Tuban melakukan aktivitasnya, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tuban berkerja sama dengan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Tuban PT Ronggolawe Sukses Mandiri (Perseroda) meluncurkan kendaraan bermotor beroda tiga atau yang biasa kita kenal dengan nama bajai.

Armada ramah lingkungan yang telah melalui uji KIR serta melalui proses test drive yang mumpuni bernama ANGLING (Angkutan Lingkungan dan Wisata). Sebanyak lima unit ANGLING mulai beroperasi hari ini, dari sebanyak 10 armada yang akan dioperasikan.

Armada ini tidak menggunakan trayek khusus sehingga mempermudah masyarakat yang rumahnya jauh dari angkutan kuning. ANGLING diperbolehkan melewati gang-gang dan komplek namun tidak boleh melalui trayek angkutan berplat kuning seperti Makam Sunan Bonang dan Terminal Bus Peziarah. Tarif dari ANGLING pun dinilai terjangkau hanya Rp6000 per kilometer.

"Harapanya anak sekolah yang belum mendapatkan sim dan warga komplek yang jauh dari angkutan kuning bisa menaiki kendaraan ini," ungkap Bupati Tuban, Fatkhul Huda.

Dinas Perhubungan (DISHUB) telah melakukan sosialisasi kepada tukang becak dan angkutan plat kuning. "Kita telah melakukan sosialisasi di harapkan tidak ada persaingan tetapi saling melengkapi transpotasi diTuban," ungkap Muji Slamet, Kepala Dishub Tuban. [nid/col]