20:00 . Wamendag: Revitalisasi Pasar Rakyat Perkuat Pemulihan Ekonomi Nasional   |   19:00 . Merantau di Tuban, Residivis Asal Jepara Ini Nekat Gondol Motor Temannya   |   18:00 . Peduli Korban Semeru, Pelajar Tuban Salat Gaib dan Galang Dana   |   15:00 . Overkapasitas, Lagi-lagi Lapas Tuban Terima Pindahan 20 Napi Narkoba   |   14:00 . Suhada Erwin Resmi Jabat Dandim 0811 Tuban   |   13:00 . 7 Kali Dipenjara, Warga Merakurak Lagi-lagi Gasak Handphone Tetangga   |   12:00 . Lepas Sambut Dandim 0811 Tuban, Bupati Halindra Ungkap Kenangan Manis Bersama Viliala Romadhon   |   07:00 . 2 Kesalahan Pola Asuh yang Sering Dilakukan Orangtua Zaman Now   |   20:00 . Pemkab, Salurkan Bantuan untuk Korban Gunung Semeru   |   19:00 . Jadi Percontohan Vaksin di Tingkat Kabupaten, Ini Kunci Kesuksesan Glodog   |   18:00 . Mendag: Sukses Beradaptasi, Bisnis Waralaba Jadi Tuan di Negeri Sendiri   |   15:00 . Babak Pertama, Persatu Tertinggal 1-0 dari Persewangi   |   14:00 . Momen HDI, Bupati Tuban Halindra Kabarkan Perkembangan Raperda Difabel   |   13:00 . PPKM Level 3 se-Indonesia Batal, Disiplin Prokes di Pasar Tradisional Tuban Digalakkan Lagi   |   12:00 . Masyarakat Tuban Mulai Antusias dan Tak Takut Ikut Vaksin   |  
Thu, 09 December 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Kemandirian Organisasi, Pagar Nusa Jatirogo Garap Sawah

bloktuban.com | Saturday, 21 July 2018 11:00

Kemandirian Organisasi, Pagar Nusa Jatirogo Garap Sawah

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Organisasi badan otonom Nahdlatul Ulama (Banom NU), Pagar Nusa Anak Cabang Jatirogo sedang melakukan panen padi di Desa Sugihan, Kecamatan Jatirogo, Tuban, Sabtu (21/7/2018).

Tampak hadir, Ketua Pimpinan Cabang (PC) Pagar Nusa Tuban, Abdul Mujib juga ikut memanen padi musim gadu ini.

Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Pagar Nusa Jatirogo M. Abdul Khoiruriziqin menuturkan, bercocok tanam padi ini sebagai upaya peningkatan kemandirian organisasi. Harapannya ketika ada kebutuhan organisasi bisa diatasi secara mandiri oleh anggota.

"Hasilnya untuk menambah fasilitas latihan dan persiapan mensukseskan dana Gebyar Suro yang akan datang," tutur pendekar Nahdlatul Ulama asal Jatirogo itu, di area sawah Desa Sugihan.

Dijelaskan dia, latar belakang menggarap sawah lantaran ada seseorang yang ingin lahan sawahnya dikelola. Sehingga Pagar Nusa berusaha mengambil peran dikesempatan ini.

Saat dikonfirmasi terkait biaya operasional produksi, pihaknya mengaku dari dana swadaya anggota. Dari iuran tersebut terkumpul Rp8 juta untuk perawatan dari awal hingga panen.

"Perkiraan dapat 3 Ton, sedangkan harga gabah Rp4.500/kg di Jatirogo. Semoga barokah," ulasnya panjang lebar.

Sementara itu, ketua Pimpinan Cabang Pagar Nusa Tuban, Abdul Mujib, memberikan apresiasi luar biasa kepada kadernya yang ada di PAC Jatirogo. Sebab hal ini diklaim sebagai terobosan baru Pagar Nusa untuk mengembangkan organisasi, agar punya sumber dana dari hasil kerja nyata.

"Kami sangat mengapresiasi Pagar Nusa Jatirogo, sebab masih mau mengelola sawah untuk meningkatkan kemandirian organisasinya," tukas Nahkoda Pagar Nusa Tuban masa khidmat 2016-2021 itu.

Ditambahkan Mujib, era industrialisasi tidak harus diukur dengan pekerjaan yang mentereng jika ingin sukses. Justru dengan bertani tersebut dinilai tidak melupakan sejarah pekerjaan nenek moyang.

"Bertani memang bukan pekerjaan yang kurang mentereng, tapi Insyaallah barokah," tandas pria ramah itu.

Kendati begitu, pihaknya juga meminta kader tetap kembangkan potensi diri, sesuai kekayaan lokal. "Harapannya, untuk PAC Pagar Nusa lain, kalau ada kesempatan yang sama segera diambil. Begitu pula bagi petani yang punya sawah lebih, harapannya bisa diinfaqkan ke Pagar Nusa untuk dikelola," pungkasnya menandaskan. [rof/rom]

Tag : pagar nusa



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more