Antisipasi Banjir Rutinan, Kali di Karangtinoto Dinormalisasi

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com -‎ Pertengahan tahun 2018 ini menjadi sebuah momen tepat dilakukannya pembangunan. Hal itu terbukti dengan adanya sejumlah pembangunan yang tengah digarap Pemerintah Kabupaten Tuban, dengan membangun beberapa aspek sarana prasarana umum.

Demikian halnya yang nampak pada daerah pinggiran Kecamatan Rengel, yakni Dusun Sambungrejo, Desa Karangtinoto‎. Sejumlah pekerja yang rata-rata dari desa itu sendiri berbondong mengerjakan bangunan sungai kecil atau kali.

‎Kali yang memiliki lebar sekitar 5 meter dengan kedalaman sekitar 3 sampai 4 meter di Dusun Sambungrejo itu tengah dilakukan normalisasi, serta pembangunan bagian tanggul sejak 2 minggu terakhir.

"Kita senang sebab sedikit-sedikit sungai di sini telah dibangun lebih layak," ungkap Bajuri‎, salah seorang pekerja dan warga sekitar saat ditemui blokTuban.com, Rabu (11/7/2018).

Di tengah aktivitasnya dia juga bertutur, setiap tahun ketika musim penghujan ‎tiba, wilayah desa tersebut tak lupa disapa luapan banjir. Bahkan, banjir yang berasal dari aliran Sungai Bengawan Solo tersebut bisa merendam puluhan rumah Kepala Keluarga (KK) di Dusun Sambungrejo dengan ketinggian sepinggang orang dewasa.

"Kalau pembangunan di sini selain membuat tanggul di samping kanan kiri, juga dilakukan pendangkalan dan perlebaran. Ya, semoga saja kalau musim penghujan nanti warga sini bisa aman," pungkasnya berharap. [feb/ito]