175 Peserta Ikuti Pelatihan Relawan Penanggulangan Bencana

Reporter: Khoirul Huda

lokTuban.com - Bupati Tuban, Fathul Huda resmi membuka pelatihan relawan penanggulangan bencana Kabupaten Tuban tahun 2018 yang dilaksanakan mulai (10-12/7/2018) di pantai Mangrove Center Desa/Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban.

Bupati yang bertindak sebagai inspektur upacara pembukaan pelatihan yang mengusung tema 'Mari Kita Tingkatkan Kompetensi dan Silaturrahmi Antar Relawan/Komunitas Dalam Rangka Pengurangan Risiko Bencana di Kabupaten Tuban Secara Solid dan Bersinergi' tersebut, resmi membuka pelatihan dengan menyematkan kartu tanda peserta kepada perwakilan peserta.

Dalam amanatnya, Bupati Tuban mengatakan, salah satu upaya untuk meningkatkan peran masyarakat dalam penanggulangan bencana adalah dengan meningkatkan peran dari relawan, yaitu meningkatkan peran relawan yang berasal dari masyarakat itu sendiri.

"Oleh karena itu, kami menyambut baik adanya pelatihan ini, karena ini adalah wujud kesiapsiagaan masyarakat dalam penanggulangan bencana apabila nanti benar-benar terjadi didaerahnya masing-masing," terang Bupati Tuban, Fathul Huda, Rabu (11/7/2018).

Menurutnya, menjadi relawan adalah pilihan yang mulia, oleh karena itu dengan adanya pelatihan relawan penanggulangan bencana ini diharapkan para relawan lebih mahir dan berkompeten dalam kegiatan penanggulangan bencana baik prabencana atau pasca bencana.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Joko Ludiyono menambahkan, jika kegiatan pelatihan ini setiap tahun dilaksanakan oleh BPBD. Dan kali ini diikuti sebanyak 175 peserta, baik dari masyarakat, unsur kepemudaan, Desa Tangguh Bencana, Sekretariat Bersama (Sekber) relawan.

"Diharapkan dengan adanya pelatihan ini menjadikan pengurangan resiko bencana menjadi sistem baku di masyarakat. Dalam arti masyarakat sadar dengan sendirinya," terang Joko.

Diketahui, dalam upacara pembukaan ini Bupati Tuban juga mengukuhkan anggota Sekber relawan Kabupaten Tuban serta meresmikan kendaraan Pemadam Kebakaran (Damkar) baru milik BPBD Kabupaten Tuban.[hud/ito]