Dinas Pendidikan Tuban Klaim UNBK SMP/MTs Berakhir Mulus

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Di Indonesia, siswa yang duduk di kelas IX menjalani Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) hingga hari ini. Namun dalam penyelenggaraannya diduga menyisakan masalah lantaran server pusat yang down.

Bila di Ibu Kota Jakarta, sebagian orang tua mengadu kepada KPAI mengenai Ujian Nasional Berbasis Komputer tingkat SMP/MTs. Orang tua siswa wadul, lantaran kesal atas pelaksanaan UNBK SMP/MTs di hari pertama yang mengalami gangguan server pusat.

Hal itu sesuai pernyataan Komisioner KPAI Bidang Pendidikan Retno Listyarti di salah satu media mainstream di Indonesia. Menurut Retno, orangtua siswa diselimuti kekhawatiran, jika gangguan tersebut bisa berdampak pada psikologis anaknya yang cemas karena menunggu dalam waktu cukup lama saat itu.

Namun hal itu tidak terjadi di Kabupaten Tuban. Bahkan UNBK yang berakhir hari ini, Kamis (26/4/2018) diklaim oleh Dinas Pendidikan setempat berjalan lancar tanpa kendala yang berarti.

"Alhamdulillah lancar," ucap Kepala Dinas Pendidikan Tuban, H. Sutrisno saat dikonfirmasi blokTuban.com melalui sambungan teleponnya yang sedang berada di Surabaya, Kamis (26/4/2018).

Diketahui sebelumnya, Kasi Kurikulum SMP Dispendik, Moh. Solikin, menuturkan, pada tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 15.321 siswa yang berasal 171 SMP/MTs di Kabupaten Tuban serentak melaksanakan UNBK mulai Senin kemarin. Sedangkan sejumlah 419 siswa dari 13 SMP/MTs mengikuti Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP). [rof/col]