Sendang Beron, Sumber Kehidupan Warga Punggulrejo

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Aliran sumber mata air Sendang Beron yang berada di Desa Punggulrejo, Kecamatan Rengel sangat bermanfaat bagi warga sekitar yang dilewati alirannya.

Sumber air nan jernih, segar dan melimpah itu banyak dimanfaatkan petani untuk mengolah ladang yang ditanami padi, juga masyarakat sekitar untuk sekadar mandi sore ketika pulang dari sawah.

"Sungai irigasinya sangat bermanfaat bagi warga sini. Saya juga sering cuci-cuci baju di aliran sungai ini," kata salah seorang warga asal Sugihan, Desa Sumberejo, Mbah Karlin (74) kepada blokTuban.com, Senin (2/4/2018).

Nenek kelahiran 74 tahun yang lalu itu juga sangat bersyukur, aliran air irigasi tersebut tetap terjaga bersih meski tak sejernih beberapa pada awal mula.

"Sudah sembilan tahun lebih banyak memanfaatkan aliran dari sendang Beron ini," tambah Mbah Karlin yang juga memiliki usaha warung sederhana dekat aliran irigasi.

Sementara itu, Kasto yang ditemui blokTuban.com saat mengolah sawah yang akan ditanami padi kembali juga merasa diuntungkan oleh adanya aliran air Beron yang melimpah.

Sawah miliknya tak pernah kekurangan air. Saat air dibutuhkan untuk mengaliri padi, dia hanya perlu menaikkan air dari irigasi ke sawahnya.

"Alhamdulillah nggak pernah susah kalau masalah air. Kalau musim penghujan saja, air bisa tumpah ruah masuk ke sawah," ujarnya. [feb/col]