Hari Pertama UNBK Tanpa Kendala

Reporter: Sri Wiyono

blokTuban.com - Pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) untuk tingkat sekolah menengah kejuruan (SMK) hari pertama (2/4/2018) berjalan lancar. Pantauan Dewan Pendidikan Kabupaten Tuban di lapangan tidak menemukan persoalan dalam pelaksanaan UNBK tersebut.

''Kami hari ini menurunkan dua tim yang memantau langsung pelaksanaan UNBK hari pertama, semuanya lancar tanpa kendala,'' ujar Wakil Ketua Dewan Pendidikan M. Syaichon yang juga koordinator tim monitoring dan evaluasi (monev) UNBK Dewan Pendidikan Senin (2/4/2018).


Ada enam SMK negeri dan swasta yang dipantau. Yakni SMKN 1 Tuban, SMKN 2 Tuban dan SMKN 3 Tuban. Selain itu di SMK Taruna Jaya Prawira dan SMK Manbail Futuh Jenu.

Di lokasi, selain memberikan instrumen atau daftar pertanyaan yang harus diisi sekolah penyelenggara UNBK, tim juga melihat langsung kondisi ruang dan pelaksanaan UNBK.

Anggota tim juga menyebar untuk menggali informasi sebanyak mungkin dari sekolah. Baik dari kepala sekolah, guru, petugas IT untuk UNBK sampai pada peserta UNBK. Informasi yang didapat itu, diharapkan bisa menjadi masukan.

''Karena hasil monev kami ini akan menjadi bahan rekomendasi pada bupati. Jika misalnya ada pelaksanaan yang kurang baik, atau ada kendala, kami bisa langsung menyampaikan pada bupati,'' ungkapnya.

Tim monev, kata dia, masih akan turun sampai pelaksanaan UNBK berakhir. Karena itu, jika misalnya pihak sekolah ada hal yang perlu disampaikan, dia minta terus terang. Karena Dewan Pendidikan memang diminta meningkatkan kualitas pendidikan.

''Kalau sungkan menyampaikan sendiri, bisa melalui kami. Biar kami yang sampaikan langsung ke bupati. Karena laporan kami langsung pada bupati,'' tandasnya.[ono]