Jelang UNBK, Pelajar di Singgahan Ikuti Doa Bersama

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Ratusan pelajar di Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban mengikuti doa bersama jelang ujian nasional. Kegiatan yang difasilitasi Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama - Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU-IPPNU) itu berlangsung di Masjid Jami' Nurul Huda Desa Mulyorejo, Kecamatan Singgahan, Minggu (1/4/2018).

Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU Singgahan Ali Asfi mengungkapkan, doa bersama sukses Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) ini kegiatan kali kedua. Diharapkan upaya ini bisa jadi perantara pelajar di tingkat SMP/MTs hingga SMA/MA se-Kecamatan Singgahan mensukseskan ujian akhirnya.

"Ini adalah kedua kalinya diadakan doa bersama sukses UNBK dari rekan dan rekanita IPNU-IPPNU Singgahan. Semoga bisa menjembantani pelajar se-Kecamatan Singgahan untuk mensukseskan UNBK dengan sempurna," ungkap Ali kepada blokTuban.com di sela-sela acara.

Satu di antara ratusan pelajar, Santi (15) saat ditanya mengatakan, dengan diadakanya doa bersama dirinya bersama teman lainnya mengaku semakin semangat dan mantap menghadapi UNBK tahun 2018. Ia menilai, doa bersama ini merupakan wadah bagi pelajar yang akan melaksanakan ujian nasional, untuk meminta kelancaran kepada Tuhan Yang Maha Kuasa ketika menghadapi UNBK yang tinggal menghitung hari.

"Saya menyambut positif acara kakak-kakak IPNU-IPPNU, semoga saja istiqomah, tahun depan bisa mengadakan agenda seperti ini lagi," kata siswi MTs Islamiyah Kedung Jambe itu dengan penuh keyakinan.

Sementara itu, seorang Kepala sekolah, Heni menyampaikan, acara ini sangat positif, namun ada beberapa kendala yang harus lebih ditingkatkan tahun depan. Pihaknya berharap ke depannya, penitia lebih serius lagi dalam publikasi, sebab jika dibanding tahun lalu jumlah peserta lebih sedikit.

"Saya sangat setuju acara pemuda Singgahan yang sangat positif seperti ini, namun tadi saya lihat kok kayaknya pesertanya berkurang ya dari tahun lalu, mungkin ini kurang koordinasi oleh pihak sekolah. Ke depan tugas rekan-rekanita IPNU IPPNU singgahan adalah lebih mendekatkan diri ke sekolah," tegas kepala sekolah SMP 2 Singgahan itu.

Di kesempatan yang sama, pemimpin doa bersama, Gus Huda (45) menuturkan IPNU-IPPNU Singgahan harus istiqomah mengadakan acara rutinan seperti ini. Sebagai generasi muda NU, diminta selalu semangat menghadapi realita dan menatap masa depan yang positif.

"Ini baru namanya pemuda NU. Jangan tunggu hari esok, sebab esok adalah hari yg lain lagi. Tetap semangat menyongsong masa depan, dan Alhamdulillah semangat pelajar NU Singgahan dalam acara doa bersama sukses UNBK ini luar biasa," pungkas kiai muda tersebut.

Informasi yang bisa disampaikan dari lokasi, tidak kurang dari 250 pelajar membanjiri lokasi doa bersama. Acara yang berlangsung dari pukul 08.00-10.00 WIB itu berlangsung khidmat. [rof/col]