Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, terus melakukan beberapa upaya untuk meningkatkan mutu kelembagaan pendidikan Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) di Kabupaten Tuban.

Salah satunya, Pemkab Tuban melalui Bagian Kesra Setda Kabupaten Tuban, melaksanakan acara Penguatan Kelembagaan TPQ Tahun 2018 yang diselenggarakan di Hotel Bukit Wilis Jenu, Selasa (20/03/2018).

Acara yang diikuti sebanyak 346 orang guru TPQ se-Kabupaten Tuban tersebut dilangsungkan selama dua hari, pada hari pertama diikuti 201 peserta sedangkan pada hari kedua diikuti 165 peserta.

Kabag Kesra Setda Tuban, Eko Julianto mengatakan, acara ini peserta akan menerima sejumlah materi tentang penguatan kelembagaan dan managemen TPQ, dengan narasumber langsung Sekda, Dinas Pendidikan, LPTQ Kabupaten Tuban, Sekolah Al-Falah Surabaya serta Ponpes Nurul Falah Surabaya.

"Diharapkan peserta dapat mengikuti dengan baik dan dapat menerapkannya di TPQ masing-masing," kata Kabag Kesra, Eko Julianto.

Lebih lanjut Eko menjelaskan tujuan dilaksanakan acara ini adalah untuk meningkatkan wawasan, pengetahuan serta keterampilan strategi pengajaran dan pengelolaan TPQ yang tepat, efektif dan efisien.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Tuban, Budi Wiyana memaparkan tentang implementasi penerapan Perda Nomor 6 Tahun 2016 dan Perbup Nomor 5 Tahun 2018, yang tidak lain merupakan wujud revolusi mental dengan penguatan pendidikan karakter.

“Kita berharap yang terbaik untuk penerus bangsa,” ujar Sekda.

Sekda menambahkan, kelembagaan dan managemen TPQ akan terus dikembangkan termasuk dengan sarana prasarana, kurikulum, SDM dan juga proses kelulusannya.

Sehingga bisa dibuat Standar Operasional Prosedur (SOP) yang jelas dan bisa dijadikan rujukan dan acuan dalam menjalankan TPQ. “Dalam pembuatan SOPnya harus melibatkan semua stakeholder pendidikan TPQ,” tambahnya.

Mantan Bappeda Kabupaten Tuban tersebut berharap, TPQ tidak hanya mengaji, namun TPQ juga diisi dengan kegiatan lainnya yang tetap mengajarkan nilai-nilai Qur’ani. Ke depan TPQ juga dituntut untuk menjadi semakin profesional.

“Tahun depan Tuban menjadi tuan Rumah MTQ se-Jatim, untuk menyemarakkannya, mungkin juga bisa dilaksanakan kegiatan lomba antar TPQ Se-Jatim yang hampir sama dengan FASI, tetapi lebih menonjolkan TPQ-nya,” pungkasnya.

Diketahui, jumlah TPQ di Kabupaten Tuban yang terdaftar adalah sebanyak 1346 Lembaga. Sebelumnya, pada tahun 2017 lalu 1000 TPQ telah mengikuti kegiatan yang sama.[hud/col]