Meski Menakutkan, Poster ini Tekan Pembuang Sampah Sembarangan

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Kebersihan lingkungan agaknya perlu diperhatikan dalam setiap bentuk-bentuknya. Himbauan-himbauan tentang perlunya menjaga kebersihan banyak terpampang di tempat umum. Tak terkecuali di daerah pertanian ini, di lahan pertanian Desa Mentoro, Kecamatan Soko, Rabu (7/3/2018).

Terlihat jelas bahwa poster yang diletakkan pada pepohonan sekitar sawah tersebut sangatlah menakutkan. Kata-kata yang bermaksud menghimbau, melarang agar setiap orang untuk tidak membuang sampah sembarangan disekitar lokasi pertanian tersebut bak sebuah doa petani setempat kepada oknum tak bertanggung jawab.

"Ya Allah.. Mlaratkanlah orang yang bung sampah di sini," begitu isi pesan petani yang dicetak menggunakan kain banner berhuruf besar itu.

Dari penelusuran blokTuban.com, latar belakang adanya poster seram itu dibuat, sebab warga sudah risih akan keadaan pertanian yang selalu dibuangi sampah, dijadikan tempat sampah oleh pengguna jalan atau warga lain yang lewat.

"Jalanan di sana dulunya sangat kotor. Banyak sampah berhamburan, mulai sampah plastik, kertas, hingga sampah sayuran milik pedagang di pasar. Semua lengkap," tutur Mak Tin, warga setempat.

Dia juga menambahkan, jika adanya poster berisikan doa buruk bagi setiap pembuang sampah di jalanan pertanian tersebut banyak membawa hasil. Hal itu terbukti, keadan samping kanan-kiri jalan menjadi cukup bersih. Tak ada sampah berkeliaran, mencemari lingkungan dan mengganggu pemandangan.

"Sekarang lumayan. Semenjak dibangun berlebaran jalan, Mana ada tumpukan sampah di sekitar sawah sana? Padahal dulu sangat parah. Sampai-sampai kulit bekas buang nangka, banyak dibuang ke sana," pungkasnya. [feb/ito]