Gus Ipul Minta UMKM Dikembangkan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com – Syaifullah Yusuf menghadiri acara peringatan puncak hari ulang tahun ke-43(HUT) Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Jawa Timur di Tuban Selasa (27/2/2018). Acara itu sekaligus pelantikan Pengurus DPC IWAPI Kabupaten Tuban Periode 2018-2023.

Di acara yang digelar di gedung Graha Sandiya Perumdin Semen Gresik, Desa Bogorejo, Kecamatan Merakurak itu, Gus Ipul sapaan akrab Syaifullah Yusuf menjadi pemateri sekaligus narasumber penguatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Gus Ipul mengaku mempunyai metode-metode untuk meningkatkan UMKM di Jawa Timur. Di antaranya dengan cara memperkuat riset pasar, dengan sejumlah pihak yang terlibat di dalam penguatan UMKM.

“Jadi pasarnya kita riset sambil kita memperkuat produksi kita, baik dari segi teknologi, kualitas sumber saya manusia (SDM) maupun bahan bakunya,” ujarnya.

Gus Ipul juga mendapatkan keluhan dari anggota IWAPI terkait pasar. Dia mengatakan,riset pasar ini penting. Setelah pasar itu diketahui baru memproduksi sesuatu yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

Dalam kunjungannya tersebut, Gus Ipul sempat mampir di beberapa tempat. Di antaranya di rest area. Juga sempat mampir dan membeli ikan asap di Kelurahan Karangsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban.

Dia mengatakan, ikan asap sudah menjadi ikon di Kabupaten Tuban, dan sudah banyak diminati masyarakat sehingga perlu dikembangkan.

''Sekarang ikan asap ini perlu dikembangkan dan perlu adanya inovasi,” tandasnya. [hud/ono]