Jelang PORSENASMA, PBSI Gelar Lomba Baca Puisi

Pengirim: Fitriyah Ayu Puspitasari

blokTuban.com - Menjelang Pekan olahraga dan Seni Nasional Mahasiswa (PORSENASMA) tahun 2018, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban, Jawa Timur mengadakan lomba baca puisi. Acara yang dipusatkan di auditorium melibatkan 11 dosen dan 13 mahasiswa setempat.

"Lomba ini untuk menggali kemampuan mahasiswa dalam berpuisi," ujar Ketua pelaksana lomba, Silfia Zurista saat ditemui di sela acara, Rabu (13/12/2017).

Panitia sengaja mengusung tema kebangsaan. Hal ini didasari untuk menumbuhkan sifat nasionalisme, bagi generasi muda khususnya mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang beroperasi di Jalan Manunggal 61 Tuban.

Ada tiga puisi yang dibacakan oleh peserta. Pertama karya Suhariyadi sastrawan Unirow, Taufik Ismail, dan KH. Musthofa Bisri asal Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

"Pemilihan puisi karya Suhariyadi tak lain untuk mengenalkan karya beliau kepada khalayak umum," terangnya kemudian.

Seirama dengan peringatan bulan bahasa pada November kemarin, lomba ini dinilai oleh juri yang kompeten di bidangnya. Mereka adalah Teguh Sutrisna juara I aktor terbaik se-Jatim, Khumaedi sastrawan asal Desa Kujung, Kecamatan Widang, dan Kholifatul Ula juara II PORSENESMA.

"Hobi saya tersalurkan lewat lomba baca puisi ini," ungkap peserta lomba Nelly Ardianti mahasiswa PBSI.

Hasil lomba langsung diumumkan hari itu juga. Pemenang lomba dari mahasiswa, juara I diraih oleh Siti Elisa dari Prodi Ekonomi, disusul Rifa'atul Maulani asal Biologi, dan Lukhi Artha Mivia dari PBSI sendiri.

Sedangkan dari dosen juara pertama diraih oleh Rita Yuliastuti dosen Teknik Industri, juara ke II oleh Miftachul Munir Wakil rektor III, dan dari PGSD atas nama Vera Dwidarti.

*Penulis merupakan mahasiswa semester I Ilmu Komunikasi FSIP Unirow Tuban. Berkecimpung juga di Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Waskita Unirow Tuban. [rom]