EMCL Nilai Pendampingan Pemberdayaan Masyarakat LPTP Berhasil

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Operator Minyak dan Gas Bumi Blok Cepu, ExxonMobile Cepu Limited (EMCL), menilai pendampingan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh Yayasan Lembaga  Pengembangan Teknologi Pedesaan (LPTP) Surakarta di Desa Karangagung, Kecamatan Palang berhasil.

Hal itu disampaikan oleh Rifki Romadhon selaku perwakilan dari EMCL yang hadir dalam acara Seminar dan Pameran  Program pengelolaan sanitasi dan sampah rumah tangga di Gedung Serbaguna, Desa Karangagung

"Jadi apabila tadi Kepala Desa bilang agar teman-teman LPTP tetap tinggal disini, itu artinya LPTP berhasil meskipun perlu ditingkatkan karena apa yang menjadi cita-cita kita bersama belum selesai," kata Rifki Romadhon, Rabu (22/11/2017).

Menurutnya, perlu diingat bahwa program-program pemberdayaan oleh EMCL tersebut kesuksesanya bukan tergantung perusahaan, tetapi tergantung pada spirit dan semangat bagi penerima manfaat programnya.

"Mudah-mudahan apa yang sudah kita mulai ini bisa dilanjutkan kembali dan lebih baik," harap Rifki.

Sementara itu, Direktur Operasional, LPTP Surakarta, Sulistiyono mengatakan, bahwa mandat LPTP yaitu melakukan pendampingan program pemberdayaan masyarakat yang terkait dengan kebersihan dan sanitasi.

"Program pemberdayaan ini kami bekerja bersama masyarakat, bagaimana melatih penguatan pengorganisasian serta memanfaatkan limbah sampah menjadi bermanfaat," pungkas Sulistiyono.[hud/col]