Habib Ubaidillah dan Marzuki Mustamar akan Hadir

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada bulan Muharram ini (Suro), puncak acara haul Sunan Bonang Tuban akan ditutup dengan kegiatan Pengajian Umum nanti malam, Kamis (5/10/2017), mulai pukul 19.00 WIB hingga 00.00 WIB di alun-alun Tuban.

Di tahun 2017, kegiatan haul Sunan Bonang Tuban ke-508 terbagi menjadi empat hari kegiatan. Hari pertama diawali dengan kegiatan pertemuan ulama dan umara di Masjid Astana Makam Sunan Bonang, Selasa (26/9/2017) kemarin.

Hari kedua, diisi dengan kegiatan tahtimul Qur'an Bin Nadhor di Masjid Astana Makam Sunan Bonang Tuban dan masjid Jamik se-Kecamatan Tuban pada Ahad (1/10/2017). Khotmil Qur'an tersebut dilakukan secara nidhom dan tartil serta serentak.

Hari ketiga, dilangsungkan pada Rabu (4/10/2017) yang diisi dengan khotmil Qur'an bil ghoib dan pentas salawat seni Hadrah. Untuk khatmil Qur'an dilangsungkan di Masjid Astana Makam Sunan Bonang Tuban dan masjid Jamik se-Kecamatan Tuban, sedangkan pentas Hadrah digelar di Alun-alun Tuban pada malam harinya.

Sedengkan di hari keempat atau puncak kegiatan, dalam satu hari diisi dengan tiga kegiatan, diantaranya khitanan masal yang berlangsung pagi tadi. Kemudian acara dilanjutkan siang harinya dengan kegiatan tahlil akbar, bersama Habib Muhammad Bin Anis Syahab.

Sementara berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun blokTuban.com, pada malam nanti pengajian umum akan diisi oleh Habib Al-Haj Ubaidillah Bin Idrus Alhabsy dan Drs. KH. Marzuki Mustamar M.SI. [rof/rom]