Ribuan Peziarah Mulai Padati Makam Sunan Bonang

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - H-1 menjelang pelaksanaan Haul Sunan Bonang Tuban yang ke 508 tahun, ribuan peziarah mulai tampak memadati aula makam wali Allah yang berada di Kelurahan Kutorejo, Kecamatan Tuban tersebut.

Ribuan peziarah yang datang dari berbagai daerah di Indonesia itu rela menyempatkan waktu untuk berziarah.

Seperti yang dilakukan Mohamad Aswani, asal Bogor, Jawa Barat. Dia sengaja menyempatkan waktunya untuk berziarah di Makam Sunan Bonang pada haul tahun ini. Dia menuturkan, kebiasaan semacam ini sudah sering dilakukannya setiap tahun.

"Setiap tahun ziarah ke Makam Sunan Bonang, terutama saat haul," ujarnya kepada blokTuban.com saat ditemui di komplek pemakaman, Rabu (4/10/2017)

Selain untuk mendoakan, Asnawi juga berharap bisa mendapatkan ridho Allah dalam setiap melangkah ke arah yang lebih baik. "Semoga keberkahan selalu kita dapatkan, dan semoga kita mendapatkan manfaat yang baik dari Allah," papar pria yang mengaku berangkat secara rombongan itu.

Sementara itu, M.Arifin, peziarah asal Tuban mengaku sering berziarah ke Makam Sunan Bonang setiap malam Kamis.

"Kalau haul setiap tahun saya selalu menyempatkan untuk datang mendoakan Wali Allah," pungkasnya.

Haul Sunan Bonang akan dilaksanakan besok Kamis (5/10/2017). Namun, meski belum memasuki hari puncak, kepadatan peziarah mulai terlihat.[nok/col]