Pemugaran Patung Letda Soetjipto Ditargetkan Akhir Oktober Rampung

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com – Pemugaran Patung Letda Soetjipto yang berada di depan Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tuban, oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) ditergetkan bulan Oktober 2017 akhir rampung.

Diungkapkan oleh Kabag Humas dan Media Kabupaten Tuban, Rohman Ubaid, menurutnya pemugaran atau Patung Letda Soetjipto yang dilakukan oleh Pemkab Tuban sejak awal bulan September dengan kucuran dana sebesar Rp250 juta tersebut ditargetkan akan rampung di bulan Oktober akhir.

“Sebagaimana Surat Perjanjanjian Kontrak kerja (SPK), akhir Oktober atau 27 Oktober  pemugaran patung selesai,” jelas Kabag Humas dan Media Kabupaten Tuban, Rohman Ubaid saat dikonfirmasi blokTuban.com, Senin (25/9/2017)

Menurutnya, pemugaran patung Letda Soetjipto kali ini difokuskan di bagian bawah, seperti penambahan tinggi pondasi karena dari tahun ketahun pondasi patung tersebut kalah tinggi dengan aspal jalan raya, serta mempercantik taman dan kolam air mancur. Serta memperbaharui beberapa bagian warna patung yang sudah kusam.

“Pemugaran patung difokuskan pada bagian bawah patung yaitu penambahan tinggi fondasi, mempercantik taman dan kolam air mancur dan pengecatan patung,” ujarnya.

Diketahui, Letda Soetjipto adalah pahlawan perang di Tuban semasa pendudukan Agresi Militer Belanda ke II antara tahun 1948-1949. Lokasi berdirinya bundaran patung itu dulunya adalah saksi keberhasilan pasukan republik yang dipimpin Letda Soetjipto memukul mundur pasukan Belanda. Letda Soetjipto kemudian gugur di kawasan Tapen, Sidoharjo, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban.[hud/col]