Tingkatkan Kualitas Guru, Dinas Bentuk MGMP dan KKG

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Untuk menjaga mutu pendidikan di Kabupaten Tuban, Dinas Pendidikan melalui Kepala Bidang (Ketenagaan) terus berupaya untuk meningkatkan kualitas kompetensi guru dengan berbagai cara.

Hal itu mengingat banyaknya guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Tuban yang tengah memasuki usia pensiun, serta jumlah Guru Tidak Tetap (GTT) yang masuk terus bertambah.

Menurut Kabid Ketenagaan, Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban, Rasmani, untuk menjaga mutu kualitas pendidikan di Kabupaten Tuban dibentuklah kelompok-kelompok atau perkumpulan para guru yang terdiri dari PNS atau GTT.

"Untuk meningkatkan kualitas pendidikan dibentuklah Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) untuk guru SMP, dan Kelompok Kerja Guru (KKG)," kata Rasmani kepada blokTuban.com.

Menurutnya, di dalam kelompok tersebut, dibahas tentang kompetensi guru dan meningkatkan kualitas proses belajar mengajar. "Untuk pertemuanya sendiri masing-masing guru Mapel, sudah terjadwal setiap satu minggu satu kali, dengan menghadirkan mentor dan guru ahli untuk memberi materi," ungkap Rasmani.

Ditambah lagi, kata Rasmani, dukungan dari pemerintah dengan mengadakan Workshop yang tidak hanya diperuntukkan bagi PNS saja. [hud/rom]