13:00 . 5 Loker Terbaru di Tuban, Lulusan SMA Wajib Mencoba!   |   12:00 . Terjun Bebas, Harga Emas Antam 28 September 2023 Turun Lagi di Level Rp1.058.000 Per Gram   |   11:00 . Tim U-17 Atasi Suhu Dingin Jerman, Tim U-24 Matangkan Taktik Jelang Hadapi Uzbekistan   |   10:00 . Fakta TikTok Shop Dilarang Pemerintah Indonesia, Kecuali Ikuti Saran Permendag Berikut   |   09:00 . Sejarah Desa Tlogowaru Tuban yang Dikenal UMKM Penghasil Jamur Tiram   |   08:00 . Amalan Doa-doa di Pagi Hari Supaya Datangkan Rezeki Tak Terduga dalam Islam   |   07:00 . Asal Usul Desa Mandirejo Tuban dan Ekowisata Silowo   |   18:00 . AJI Indonesia dan LBH Pers Dorong Kominfo Akomodasi Kegiatan Jurnalistik dalam RPP Perlindungan Data Pribadi   |   17:00 . Pantas Jadi Rebutan, Ternyata Segini Gaji Perangkat Desa di Tuban   |   16:00 . Kenang Hari Kelahiran Nabi Muhammad, Puluhan Anak Yatim di Tuban Ikuti Maulidan   |   15:00 . Harga Padi dari Petani Tuban Stagnan, Dicurigai Ada Permainan di Pihak Tengkulak   |   14:00 . Vaksin TT Penting Bagi Calon Pengantin, Dinkes Tuban: Cegah Penyakit Tetanus   |   13:00 . Cara Mudah Laporkan Kendaraan Bermotor yang Hilang, Kapolres Tuban: Lacak Melalui Ilmu Semeru   |   12:00 . Daftar Lengkap Sebaran Kantor Ekspedisi JNE di Kabupaten Tuban   |   11:00 . Google Ulang Tahun Hari Ini, Tampilan Google Doodle Menjadi G25GLE   |  
Thu, 28 September 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Lagi-lagi Biaya Jadi Penghalang Berobat Warga Miskin

bloktuban.com | Sunday, 02 July 2017 08:00

Lagi-lagi Biaya Jadi Penghalang Berobat Warga Miskin

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Untuk mendapatkan pengobatan secara maksimal, warga miskin lagi-lagi terhalang dengan biaya. Seperti yang dialami Painah (63), warga Desa Kedungmakam, Kecamatan Jatirogo, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Berdasarkan informasi yang dihimpun blokTuban.com menyebutkan, Painah masuk Puskesmas Jatirogo sejak Jum'at (30/6/2017). Ia mengeluh sakit di bagian perut.

Sampai hari ini, Minggu (2/7/2017), ia masih terbaring lemas di ruang opname Puskesmas Jatirogo. Sesekali ibu tiga anak itu merintih, menahan sakit luar biasa di bagian perut.

"Sakit sekali perut saya," kata Painah terbaring lemas di Puskesmas.

supinah-2

(Foto: rumah Painah nampak dari depan)

Suami Painah, Maliki (51), ketika ditemui blokTuban.com mengatakan, pihaknya tidak memiliki biaya merujuk istrinya ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. R. Koesma Kabupaten Tuban. Untuk berharap mendapat keringanan, ia meminta surat keterangan tidak mampu dari Kepala Desa setempat, sebab sampai saat ini belum menerima Kartu Indonesia Sehat (KIS) Penerima Bantuan Iuran (PBI) dari Pemerintah.

"Dulu punya Jamkesmas, tetapi saat ini belum dapat KIS. Untuk itu saya minta surat keterangan tidak mampu dari desa," terang pria yang sehari-hari bekerja sebagai tukang ojek dan tukang pijat itu.

Sementara Kepala Desa Kedungmakam, Rusmi ketika dikonfirmasi blokTuban.com, mengaku sudah mengusulkan semua warga miskin di desanya untuk mendapat KIS. Namun kenyataannya, hingga saat ini semua warga kategori miskin belum selurunya terjangkau KIS.

"Untuk mengganti KIS, kita buatkan surat keterangan tidak mampu. Semoga bisa berobat di RSUD nanti," pungkasnya. [rof/rom]

supinah-belakang

(Foto: rumah Painah nampak dari belakang)

Tag : kesehatan, warga miskin, kesehatan warga miskin



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...
-->

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Monday, 14 August 2023 11:00

    blokTuban.com Kembali Dipercaya UTM Tempat Praktik MSIB

    blokTuban.com Kembali Dipercaya UTM Tempat Praktik MSIB PT Blok Tuban Promosindo yang menaungi website blokTuban.com kembali mendapat kepercayaan dari Universitas Trunojoyo Madura (UTM) sebagai tempat praktik Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) tahun 2023, Senin (14/8/2023)....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat