09:00 . STNK Rusak atau Hilang, Siapkan 6 Syarat Ini Sebelum Mengurusnya di Samsat Tuban   |   08:00 . Ini Rangkaian Bengawan Jazz Festival 2022 di Lamongan, Dimeriahkan Musisi Asal Bandung dan Lokal   |   07:00 . Prediksi BMKG Cuaca di Tuban 10 Agustus 2022: Pagi Sebagian Berawan, Siang sampai Malam Hujan Ringan   |   06:00 . Potret Ritual Tuku Banyu Nggawan Kebomlati di Tuban   |   05:00 . 10 Balita di Tuban Dimandikan di Sungai Bengawan Solo, Bakar Sajen lalu Diberi Paha Ayam Goreng   |   23:59 . Cek Namamu di Link Pemilu Ini, Lapor ke Bawaslu Tuban Jika Merasa Dicatut Partai Politik   |   23:00 . Telepon, Alamat, dan Harga Hias Sepeda Maskot Karnaval dan Pengiring di Tuban   |   21:00 . Honor Petugas Badan Ad Hoc Pemilu 2024 Setara UMK Tuban   |   20:00 . Tak Merasa Ikut Partai Politik, 3 Warga Tuban yang Namanya Dicatut Lapor Bawaslu   |   19:00 . Mengintip Pembuatan Kostum Karnival di Tuban Seharga Ratusan Ribu hingga Jutaan Rupiah   |   18:00 . Sosok Ipda Kistelya Pratayama Ray, Perempuan Asal Riau yang Suka Becek Mentok Khas Tuban   |   17:00 . BMKG Prediksi Cuaca di Tuban 9 Agustus 2022: Malam Hari Hujan Ringan   |   16:00 . Literasi Sekolah Anak, Pemuda Tuban Ini akan Safari ke 50 Sekolah di Jawa Timur   |   15:00 . Tumbuhkan Minat Baca Tulis Pelajar, Gerakan Safari Literasi akan Menyasar Sekolah dari Tuban hingga Madura   |   14:00 . Warga Desa Wukiharjo Tuban Ramai-ramai Bikin Nugget dan Jamur dari Jagung, hingga Bouket   |  
Wed, 10 August 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Mengintip Kesuksesan Toha, Penjual Ikan Hias Embongan

bloktuban.com | Saturday, 10 June 2017 11:00

Mengintip Kesuksesan Toha, Penjual Ikan Hias Embongan

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Menjalani bisnis penjualan ikan hias embongan (PKL) jadi pilihan hidup Toha (24). Usaha yang dimulai sejak dua tahun silam, kini mulai dirasakan manisnya dengan terus bertambahnya penghasilan setiap hari.

Dulu, pemuda asal Desa Wotsogo, Kecamatan Jatirogo, Kabupaten Tuban hanya bermodalkan Rp200.000. Tetapi, saat setiap seminggu sekali ia pergi ke Kota Kediri untuk ambil ikan dengan modal Rp800.000.

Dari modal yang dikeluarkan, Toha mengaku laba yang didapat lebih dari separuh, bahkan bisa untung lebih dari 100 persen, tergantung pasarnya. Dia menjual ikan hias sebetulnya tidak terlalu mahal dan cukup terjangkau. Berangkat dari harga Rp500 hingga Rp30.000. Murah bukan?

Pria yang hanya menghabiskan pendidikannya di bangku Madrasah Tsanawiyah (MTs) itu berkisah, awal mula memilih bisnis jual ikan hias, lantaran ikut orang. Karena sudah tau cara pemasaran dan faham manajemennya ia memberanikan diri menjalani bisnis tersebut secara mandiri. Sebab, dirinya punya prinsip seenak-enaknya kerja ikut orang, lebih enak punya usaha sendiri.

"Awalnya ikut orang, akhirnya dikasih tau tempat kulaakan kemudian ambil sendiri. Jadi setiap minggu sekali ke kediri ambil ikan, namun jika ramai gak sampai seminggu, palinh 6 atau 5 hari uda ambil lagi," akunya saat ditemui blokTuban.com dilapaknya yang berada di barat perempatan Kecamatan Jatirogo.

Sebelum menjalani bisnis ikan hias, pemuda tiga saudara itu, beberapa jenis pekerjaan telah ia lakoni. Mulai dari kuli di proyek, pabrik, industri rumahan, hingga yang terakhir sebelum bisnis ikan hias ia juga bekerja di rumah ternak ayam milik warga keturunan china.

Dari situlah (bekerja di peternakan milik warga keturunan china. Red), ia mulai mempelajari prinsip menjalankan dunia bisnis. Hasilnya, sampai saat ini ia enggan bekerja ikut orang, dan yakin akan bisa menjadi pengusaha mandiri yang sukses.

Diakui Toha, dari awalnya yang hanya menjual sendiri, kini ia memiliki empat anak buah. Meski begitu, ia juga masih tetap ikut jualan lantaran ingin segera punya rumah sendiri.

"Ini semua saya lakukan demi membantu orang tua, dan ingin punya rumah sendiri," pungkasnya menandaskan. [rof/col]

Tag : profil, pedagang, ikan, hias



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 07 August 2022 15:00

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda Setiap pagi hari sejak sebulan lalu, kita sering merasakan dingin. Rasa dingin terasa lebih kuat saat menjelang pagi hari. Hal tersebut merupakan tanda terjadinya masa pancaroba atau bisa disebut dengan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat