07:00 . Ahli Kesehatan Mental Bagikan 3 Tips Untuk Kelola Stres, Apa Saja?   |   20:00 . Mendag: Side Events G20 Promosikan Keragaman Budaya, Potensi Investasi dan Pariwisata   |   19:00 . Personel Kodim Tuban Terima Vaksinasi Booster   |   18:00 . Ranting NU Patihan Gelar Perekaman Kartanu   |   17:00 . Hadir di MKNU PCNU Tuban, Begini Pesan Kiai Marzuki untuk Warga NU   |   16:00 . Berikut Tiga Major Project BKKBN untuk Akselerasi Penurunan Stunting 2024   |   14:00 . Ratusan Pekerja Semen Tuban Disuntik Vaksin Booster   |   13:00 . Kasus Omicron Terus Bertambah, Puncak Kenaikan Kasus Diprediksi pada Februari hingga Awal Maret   |   12:00 . Setelah Terbakar Pasar Baru Tuban Berganti Nama   |   11:00 . Dinsos Coret 101 ASN Tuban yang Cairkan Bansos Covid-19 dan Sanksi Pendamping   |   10:00 . Kurang Antusiasme dari Orang Tua, Hanya Sedikit Balita yang Datangi Posyandu   |   09:00 . Berikut Alasan Mengapa Makanan Diet Sehat Cenderung Lebih Mahal   |   08:00 . Pasar Tradisional dan Toko Kelontong Diberi Waktu Sepekan untuk Sesuaikan Harga Minyak Goreng   |   07:00 . Deteksi Gejala Demensia dari Kebiasaan Menonton Film, Apa Itu?   |   21:00 . Pandemi Covid-19 Terus Berlanjut, Perajin Gerabah Ngadirejo Berpindah Haluan   |  
Sat, 22 January 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Mengintip Kesuksesan Toha, Penjual Ikan Hias Embongan

bloktuban.com | Saturday, 10 June 2017 11:00

Mengintip Kesuksesan Toha, Penjual Ikan Hias Embongan

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Menjalani bisnis penjualan ikan hias embongan (PKL) jadi pilihan hidup Toha (24). Usaha yang dimulai sejak dua tahun silam, kini mulai dirasakan manisnya dengan terus bertambahnya penghasilan setiap hari.

Dulu, pemuda asal Desa Wotsogo, Kecamatan Jatirogo, Kabupaten Tuban hanya bermodalkan Rp200.000. Tetapi, saat setiap seminggu sekali ia pergi ke Kota Kediri untuk ambil ikan dengan modal Rp800.000.

Dari modal yang dikeluarkan, Toha mengaku laba yang didapat lebih dari separuh, bahkan bisa untung lebih dari 100 persen, tergantung pasarnya. Dia menjual ikan hias sebetulnya tidak terlalu mahal dan cukup terjangkau. Berangkat dari harga Rp500 hingga Rp30.000. Murah bukan?

Pria yang hanya menghabiskan pendidikannya di bangku Madrasah Tsanawiyah (MTs) itu berkisah, awal mula memilih bisnis jual ikan hias, lantaran ikut orang. Karena sudah tau cara pemasaran dan faham manajemennya ia memberanikan diri menjalani bisnis tersebut secara mandiri. Sebab, dirinya punya prinsip seenak-enaknya kerja ikut orang, lebih enak punya usaha sendiri.

"Awalnya ikut orang, akhirnya dikasih tau tempat kulaakan kemudian ambil sendiri. Jadi setiap minggu sekali ke kediri ambil ikan, namun jika ramai gak sampai seminggu, palinh 6 atau 5 hari uda ambil lagi," akunya saat ditemui blokTuban.com dilapaknya yang berada di barat perempatan Kecamatan Jatirogo.

Sebelum menjalani bisnis ikan hias, pemuda tiga saudara itu, beberapa jenis pekerjaan telah ia lakoni. Mulai dari kuli di proyek, pabrik, industri rumahan, hingga yang terakhir sebelum bisnis ikan hias ia juga bekerja di rumah ternak ayam milik warga keturunan china.

Dari situlah (bekerja di peternakan milik warga keturunan china. Red), ia mulai mempelajari prinsip menjalankan dunia bisnis. Hasilnya, sampai saat ini ia enggan bekerja ikut orang, dan yakin akan bisa menjadi pengusaha mandiri yang sukses.

Diakui Toha, dari awalnya yang hanya menjual sendiri, kini ia memiliki empat anak buah. Meski begitu, ia juga masih tetap ikut jualan lantaran ingin segera punya rumah sendiri.

"Ini semua saya lakukan demi membantu orang tua, dan ingin punya rumah sendiri," pungkasnya menandaskan. [rof/col]

Tag : profil, pedagang, ikan, hias



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more