19:00 . Peringati Maulid Nabi Muhammad, TPQ Al-Ma’ruf Adakan Pawai Bersama   |   18:00 . Overkapasitas Tak Halangi Lapas Tuban Terima 20 Napi Pindahan Asal Mojokerto   |   17:00 . Industri Kilang Berpotensi Ubah Alur Tangkap Ikan Nelayan, Ini Saran Pakar   |   16:00 . Lahan Kosong Disulap Jadi Tempat Bisnis Nursery   |   15:00 . Es Puter Legendaris, Kuliner Jadul Asal Klaten   |   14:00 . Sarasehan HSN di Bongok, Begini Pesan Bupati Tuban Untuk Para Santri   |   13:00 . Bupati Tuban Apresiasi Penanaman Pohon Kopi di Kawasan Hutan Lindung Bongok Jetak   |   12:00 . Songsong HJT ke-728, Unirow Gelar Diskusi Permasalahan Pesisir Tuban   |   11:00 . Hadapi Tantangan Digital, Ansor Jatim Gembleng Kader Melalui Madrasah Cyber Jilid Dua   |   10:00 . Wajib Coba! Dimsum Mr. San Tawarkan 19 Macam Menu   |   09:00 . Ini Bedanya Tomat Jenis Corona dan Servo   |   08:00 . Begini Peran Santri dalam Pembentukan NKRI   |   07:00 . Cara Minimalisir Anak Kecanduan Gawai, Psikolog: Beri Anak Pilihan Kegiatan   |   20:00 . Punya Ikan Hias dan Sering Mati? Ini Solusinya!   |   19:00 . Menang 1-0 Saat Uji Coba Lawan Bojonegoro FC, Pelatih Bumi Wali FC Akui Puas   |  
Sun, 24 October 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Hasil Panen di Sebagian Wilayah Tuban Menurun

bloktuban.com | Sunday, 04 June 2017 11:00

Hasil Panen di Sebagian Wilayah Tuban Menurun

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Hasil panen padi di tahun 2017 ini, di Kabupaten Tuban tak sama. Sebagian wilayah hasil produksi mengalami kenaikan dan sebagian menyusut di musim gadu bulan Juni ini. Sebab, kondisi tersebut dipicu akibat sebagian petani di wilayahnya terserang hama wereng menjelang panen.

"Hasil panen kali ini cukup jelek akibat serangan wereng," ujar ketua kelompok tani Sidorukun Barokah, Kecamatan Bangilan, Abd Latif.

Kata latif, produksi panen yang dialaminya mengalami penyusutan hingga lima puluh persen. Sebab, biasanya 1 hektare menghasilkan padi 5 ton kali ini tinggal 2,5 ton.

Kendati begitu, ia masih bersyukur karena bisa panen dan membawa pulang gabah, untuk persediaan tahun ini. Diakuinya, sawah yang sedang ia garap merupakan sawah tadah hujan.

"Meski diserang wereng, namun Alhamdulillah masih bisa bawa pulang gabah," tegas pria berbadan kekar itu.

Hal senada juga dilontarkan petani asal Kecamatan Montong, Suharno. Menurut pria paruh baya itu, hasil panen kali ini mengalami penurunan dibanding musim panen sebelumnya.

"Kalau di Montong menurun, akibat faktor cuaca yang berakibat air tidak maksimal di musim gadu ini," timpal Suharno dengan mengelus kening.

Justru hal berbeda disampaikan petani asal Bader, Kecamatan Jatirogo Naim, ketika ditemui blokTuban di sawahnya yang berada di pinggir jalan poros Kecamatan Jatirogo-Bancar, Minggu (4/6/2017). Justru di misim panen gadu saat ini, produksi padi yang ditanam hasilnya melimpah.

"Alhamdulillah panenan naik hasilnya, sebab airnya di wilayah sini mencukupi," akunya saat istirahat bersama rekannya di pematang sawah.

Dijelaskan Naim, panen sebelumnya dari luas area 600 meter persegi (m2), sawahnya menghasilkan 23 sak dengan bobot rata-rata 45 kilogram (kg). Namun, saat panen kali ini bisa diperkirakan mendapat 50 sak.

"Hasil panen meningkat 100 persen lebih," pungkasnya dengan senyum lebar di mulutnya. [rof/col]

Tag : panen, padi, gabah, turun



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more