Jelang Ramadan, 392 Warga Binaan Muslim Ikuti Istighosah

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Kalangan Masyarakat muslim yang berstatus Warga Binaan di Lembaga Pemasyarakatan (lapas) klas IIB Tuban mengikuti pelaksaan istighosah. Sedikitnya ada 392 warga binaan yang turut serta, Selasa (16/5/2017).

Ngaji bareng yang dipimpin Kiai Rifai asal Tasikmadu ini berjalan cukup khidmat. Awalnya istighosah​ dilakukan lantas dilanjutkan penyampaian tausiyah di area masjid kompleks lapas yang ada di jalan protokol tersebut.

Humas Lapas klas IIb Tuban, Subiyanto menjelaskan, sebelum memasuki bulan suci ramadhan diharapkan untuk WB dan pegawai lapas dapat menata diri dan hari. Dalam arti warga binaan menata diri yang tercermin pada sikap dan perbuatan.

"Syukur-syukur setelah keluar dari penahanan inshaallah bisa beribadah lebih khusyuk," tambahnya.

Terlebih, lanjutnya banyak pemberitaan adanya warga binaan yang nekat melarikan diri dari tahanan. Untuk itu kedekatan antara warga binaan dengan staff.

"Hubungan dapat dibangun dengan pendekatan yang persuasif, yakni meliputi pembinaan kepribadian dan mental. Sehingga warga binaan bisa menguasai diri menjalani hukuman sampai tuntas," jelasnya.

Kemudian karena rata-rata warga binaan beragam Islam maka pendekatan emosional dilakukan melalui istighosah. Sedangkan untuk warga binaan yang beragama lain juga diberikan kesempatan yang sama. Terdapat 7 orang yang beragama lain, yang meliputi Kristen, Khatolik dan Hindu.

"Setiap Senin hingga Kamis ada pelayanan ibadah bagi umat khatolik di gereja. Serta setiap Minggu ada pelayanan bagi agama lainnya," ungkap Subiyanto.[dwi/ito]