GMNI Tuban Galakkan Peduli Pendidikan

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Momen hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang diperingati setiap tanggal 2 Mei dimanfaatkan mahasiswa yang tergabung dalam Dewan Pimpinan Cabang Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (DPC GMNI) Tuban. Bekerja sama dengan Rumah Belajar Pandawa, segenap anggota menggalakkan gerakan sosial peduli pendidikan, Selasa (2/5/2017).

Kegiatan mengajar dilakukan di lembaga pendidikan tingkat  dasar, tepatnya di SDN 9 Perunggahan Kulon, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Serangkaian gerakan sosial peduli pendidikan tersebut diawali dengan gerakan belajar-mengajar di dalam kelas dan lomba-lomba tradisional. Kemudian, tidak lupa sebagai bentuk apresiasi terhadap peserta didik diberikan hadiah pada pemenang lomba, serta pembagian buku.

"Ini merupakan bentuk kepedulian kita terhadap generasi penerus bangsa akan pentingnya Pendidikan, terlebih di momen Hardiknas ini," kata Ketua Pelaksana, Dian Lestari.

Sementara itu, Ketua DPC GMNI Tuban Nabrisi Rohid mengatakan, acara ini merupakan suatu bentuk rasa tanggungjawab sebagai mahasiswa untuk mengimplementasikan Tri Darma Perguruan Tinggi. Utamanya dalam pengabdian bidang pendidikan dan keguruan.

"Sebagai mahasiswa yang mempelajari bidang Ilmu Pendidikan sudah sepatutnya terjun langsung mengajar di sekolah," jelas Naha sapaan akrabnya.

Naha menambahkan, dengan kegiatan semacam ini Kader GMNI tidak terpaku pada persoalan kebijakan-kebijakan pemerintah saja. Namun, dituntut mampu mengimplementasikan bidang keilmuannya kepada masyarakat.

Pada pihak lain, Kepala Sekolah SDN 9 Perunggahan Kulon, Ilyas mengapresiasi kegiatan yang digagas mahasiswa ini. Kegiatan menguatkan peran pendidikan bagi putra-putri penerus bangsa akan berimbas pada kemajuan suatu negara.

Ilyas berharap sepatutnya mahasiswa untuk terus berperan aktif dalam mencerdaskan para generasi penerus bangsa. "Semoga kegiatan ini dapat menginspirasi para mahasiswa yang lain untuk terus berpartisipasi dalam memajukan pendidikan Nasional," pungkasnya. [dwi/col]