Gali Potensi, GP Ansor Gelar Visitasi Akreditasi

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Dalam rangka memperingati Hari Lahir (Harlah) Gerakan Pemuda Ansor ke-83, Pimpinan Cabang (PC) Ansor Tuban menggelar Visitasi Akreditasi organisasi di tingkatan PC dan Pimpinan Anak Cabang (PAC).

Ketua umum PC GP Ansor Kabupaten Tuban, Syafiq Syauqi mengatakan, kegiatan yang berlangsung di Kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Tuban, di Jalan Diponegoro Kabupaten setempat itu, sebagai media untuk mengukur potensi organisasi dan kader. Selain itu, sebagai bentuk konsolidasi organisasi untuk menepis isu Nasional yang tengah berkembang.

"Visitasi akreditasi PAC dan PC GP Ansor sebagai bentuk implementasi pengurus taat administrasi, taat asas, dan tertib organisasi," kata Gus Syafiq begitu ia disapa, Minggu (30/4/2017).

Di usia yang ke-83 tahun, gelombang konsolidasi organisasi GP Ansor perlu dibesarkan. Sebab, dengan maraknya komentar negatif di media sosial terhadap Ansor, harus dijadikan pijakan semangat membesarkan organisasi.

"Dengan semangat kooperatif, semoga Tuban mendapat nilai akriditasi yang memuaskan," tandas menantu Bupati Tuban, Fathul Huda itu.

Sementara ketua umum Pimpinan Wilayah (PW) GP Ansor Jawa Timur, Rudi Tri Wahid menambahkan, GP Ansor adalah jamiyah yang beda dengan organisasi lain. Kata dia, Ansor memiliki ciri khusus jika ditilik dari proses berdirinya.

"Pendirian GP Ansor tidak main-main, sebelumnya diikhtiari dengan kekuatan lahir dan bathin serta berbagai pertimbangan dan analisa sosial oleh para kiai," tandas Rudi.

Akhirnya, lanjut Rudi, GP Ansor bisa direstui dan disahkan oleh PBNU dengan pertimbangan yang matang serta diriyadhohi bukan hanya dengan pertimbangan nalar.

Sehingga sampai hari ini bisa dibuktikan, Gp Ansor seolah-olah ada keramatnya. Untuk itu, dengan adanya akreditasi sebagai wujud ikhtiyar lahir organisasi GP Ansor supaya tertata dengan rapi dan menjadi trend generasi muda ke depan.

"Kata kuncinya, GP Ansor sudah lengkap, aturan dan prinsip sudah jelas, tinggal mesin perang kita perbaiki," tegasnya.

Masih rudi, sebagai output Visitasi Akreditasi, akan mudah diketahui potensi kekuatan GP Ansor se-Jawa Timur (Jatim). Dengan tertib administrasi, diharapkan keberlangsungan program pengurus lama dengan pengurus baru di setiap tingkatkan.

"Tujuan setelah adanya Visitasi Akreditasi, pengurus baru agar tidak salah menjalankan organisasi," tukasnya.

Ditegaskan Rudi, sejalan dengan membenahi sistem managemen, upaya bathin juga terus dilakukan agar ruh dan marwah organisasi GP Ansor tetep terjaga. "Upaya lahir dilakukan, upaya bathin juga jadi amalan," tegasnya.[rof/col]