Pantau Kualitas Air Minum, Puskesmas Kerek Periksa DAM Rutin

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Untuk memantau kualitas air minum, Puskesmas Kerek, Kabupaten Tuban melakukan pemeriksaan rutin sanitasi Depot Air Minum (DAM) dan pengambilan sampel air minum di wilayah kerjanya.

Meski awalnya ada yang keberatan saat diperiksa, namun petugas memberikan pengertian kepada pemilik DAM, bahwa pemeriksaan DAM tersebut wajib untuk melindungi konsumen dan itu ada dasar peraturannya.

"Sebenarnya ada yg keberatan juga, namun petugas memberikan pengertian bahwa pemeriksaan kesehatan Depot Air Minum itu wajib untuk melindungi konsumen," terang Petugas Kesehatan Lingkungan Puskesmas Kerek, Ike Mairina.

Dan rata-rata, lanjut Ike, setelah diberi pengertian tersebut, semua DAM di wilayah Puskesmas Kerek mau untuk diperiksa.

Menurutnya, pemeriksaan yang dilakukan rutin oleh Puskesmas Kerek setiap tiga bulan sekali itu, untuk diperiksa secara bakteriologis di laboratorium Kesehatan Kababupaten Tuban apakah air tersebut layak atau tidak.

"Harapannya, depot air minum di wilayah Puskesmas Kerek dapat terpantau dan kualitas airnya semua memenuhi syarat kesehatan," harapnya.[hud/rom]