Meski Banyak Perusahaan, Angka Kemiskinan Tuban Masih Tinggi

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Kabupaten Tuban masih menduduki angka kemiskinan di tingkat Provinsi Jawa Timur. Meski memiliki potensi di bidang Industri, nyatanya persoalan kemiskinan masih tak kunjung terurai.

Bahkan data menyebut, kabupaten yang menjadi tempat produksi perusahaan-perusahaan​ besar skala nasional dan internasional ini, masuk angka 10 besar Kabupaten termiskin di Jawa Timur.

Kepala Biro Organisasi Pemprov Jatim, Setiajit mengatakan, angka kemiskinan di Tuban tidak kunjung menurun. Beberapa daerah yang sebelumnya dinyatakan miskin, kini telah menunjukkan perubahan angka pengurangan kemiskinan.

"Beberapa daerah yang masuk urutan miskin sudah mulai menunjukkan angka membaik," ujarnya kepada blokTuban.com.

Menurut dia, masalah kemiskinan yang dialami Kabupaten Tuban ini perlu untuk dicari benang merahnya. Sebab, angka kemiskinan di Tuban semakin lama bukannya semakin menurun, tapi justru semakin meningkat.

"Ini yang harus dipikirkan bersama, Pimpinan Daerah harus mencari solusinya," papar dia.

Setiajit menambahkan, untuk angka kemiskinan di Bumi Wali masih di bawah Kabupaten Bondowoso. Pertama angka kemiskinan tertinggi di Madura, lalu Probolinggo, disusul Bondowoso dan baru Tuban.

"Itu untuk urutan angka kemiskinan di Tuban, yang jelas Tuban masih masuk angka 10 besar kemiskinan di Jawa Timur, angkanya terus naik. Apakah data terbaru belum diinput atau bagaimana, kita belum mengetahui," pungkasnya. [nok/rom]