Tambal Jalan Berlubang, Pemkab Anggarkan Rp900 Juta
Reporter: Mochamad Nur Rofiq
 
blokTuban.com - Tahun ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban akan menganggarkan alokasi dana perawatan jalan poros kabupaten di wilayah Kecamatan Bangilan sebesar Rp900 juta. 
 
Dana tersebut akan digunakan untuk melakukan perawatan terhadap jalan-jalan yang rusak milik Pemkab Tuban dari Pertigaan Soto hingga ke Kecamatan Bangilan.
 
"Pembangunannya tidak semua, hanya spot jalan yang dipenuhi lubang saja," ujar Kepala UPT Dinas Pekerjaan Umum /(DPU) di Kecamatan Bangilan, Jiran, Senin (13/3/2017).
 
Dijelaskannya, volume jalan yang akan ditambal dengan hotmix di Kecamatan Bangilan itu, katanya sepanjang 1,5 kilometer. Artinya, proyek paket 2017 itu sifatnya hanya penambalan lubang, bukan pelebaran atau pun jalan baru.
 
Kapan akan terealisasi? Pihaknya menyebut, saat ini sudah memasuki tahap pelelangan. Jika nanti selesai lelang, Jiran mengaku, satu bulan kemudian akan dikerjakan.
 
"Saat ini sudah memasuki lelang, jadi masyarakat untuk bersabar," imbuhnya.
 
Dari pantauan blokTuban.com di sepanjang jalan poros penghubung beberapa desa di Kecamatan Bangilan itu kondisinya memprihatinkan. Banyak lubang liar di jalan yang bisa membahayakan pengguna jalan kapan saja. 
 
Beruntung, saat ini dinas terkait sudah melakukan perawatan sementara dengan mengurug lubang menggunakan pedel. "Sambil menunggu anggaran kita juga sudah berusaha menutup lubang yang parah menggunakan pedel," pungkasnya. [rof/col]