Dua Puskesmas Klaim Masih Kekurangan Tenaga Medis

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Hingga saat ini, dua Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di wilayah Kabupaten Tuban, mengklaim masih kekurangan tenaga medis. Kedua puskesmas tersebut adalah Puskesmas Kerek dan Puskesmas Montong.

Tak pelak kurangnya tenaga medis tersebut, menjadi salah satu kendala pelayanan kesehatan di Puskesmas. Menyiasati tenaga medis yang kurang, pihak Puskesmas memberlakukan sistem  on call untuk tetap melayani masyarakat.

Kepala Puskesmas Kerek, Rika Triyana mengaku, pemberlakuan sistem on call tersebut dilakukan oleh Puskesmas Kerek, dikarenakan selain tidak memiliki ruang rawat inap, tenaga medis yanh ditugaskan di Puskesmas Kerek juga kurang.

"Kami terapkan sistem on call, selain tidak ada rawat inap, petugas medis jumlahnya juga kurang," kata Rika Triyana kepada blokTuban.com.

Terpisah, sementara itu, Kepala Puskesmas Montong, Tri Wahyuningrum, mengaku dengan fasilitas ruang inap dan persalinan untuk ibu hamil, Puskesmas yang dipimpinnya masih terkendala minimnya petugas medis.

"Perlu adanya tambahan petugas medis, karena selama ini petugasnya masih kurang, terutama untuk ruang rawat inap setidaknya setiap malam itu ada tambahan bidan dan perawat," tambah mantan Kepala Puskesmas Jetak itu. [hud/col]